Lihat ke Halaman Asli

Yullianty Indah P S

Hanya manusia yang ingin berubah menjadi lebih baik.

Fenomena Belanja Online di Masyarakat Indonesia

Diperbarui: 2 Juni 2021   08:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Fenomena Belanja Online di Masyarakat Indonesia. | pexels

Tidak bisa kita pungkiri bahwa zaman terus berkembang dan kehidupan juga semakin maju. Dari tradisional menjadi modern sampai saat ini. Indonesia bisa dibilang termasuk negara yang sudah mencapai fase modernisasi. 

Bisa kita amati dari masyarakatnya dan pemenuhan kehidupannya yang saat ini sudah berubah. Salah satunya adanya kemajuan dalam berbelanja atau membeli sesuatu yang bisa dilakukan secara Online dengan bantuan sebuah aplikasi yang ada di handphone. 

Cukup dengan mencari barang yang dibutuhkan di aplikasi tersebut lalu di klik untuk membeli, dan mengisi seperti data diri terutama alamat yang akan dituju. Lalu melakukan pembayaran yang bisa dilakukan baik menggunakan ATM Card atau membayar disebuah minimarket. Maka tidak lama barang akan sampai dirumah tanpa harus repot -- repot ke supermarket untuk membelinya. Istilahnya cukup duduk santai dengan pesan di sebuah aplikasi di handphone barang pun akan datang dengan sedirinya.

Baca juga: Belanja Online dengan Sistem COD Tak Masalah Asalkan Amanah

Dalam sebuah pembelajaran Sosiologi Komunikasi, ada materi mengenai Budaya Massa atau Budaya Populer. Apakah Fenomena Belanja Online ini dapat dikategorikan Budaya Populer/Budaya Massa? Ya betul sekali, bisa dimasukkan dalam kategori Budaya Populer. 

Mengapa? Karena dalam sebuah aplikasi belanja Online tersebut adanya kegiatan komunikasi antar calon pembeli dengan penjualnya yang dilakukan secara Online tersebut dengan ruang chat yang sudah tersedia. Dan Aplikasi belanja online ini yang sudah marak dimasyarakat, sehingga ramai dikunjungi oleh masyarakat, terutamanya masyarakat Indonesia. 

Mereka mengunjungi aplikasi tersebut beragam, ada yang ingin melihat -- melihat saja, ada pula yang hanya membandingkan harga jika beli langsung ke tempat dengan beli via online tersebut dan terakhir adalah orang -- orang yang memang ingin membeli sesuatu di aplikasi belanja online tersebut.

Dalam sebuah budaya massa atau budaya populer adalah sebuah budaya yang sedang digemari dan populer dikalangan masyarakat saat ini. Apalagi di zaman 0.4 ini, teknologi semakin canggih, termasuk adanya kemudahan berbelanja yaitu melalui sebuah aplikasi yang ada di handphone seperti Shopee, Lazada, TokoPedia dan masih banyak lainnya. 

Adapun yang menjadi kekurangan dalam kegiatan belanja online tersebut adalah adanya  ketidaksamaan atau perselisihan antara barang yang sudah diterima dengan barang ada digambar dalam aplikasi tersebut. Sehingga hal itulah yang menjadi sebuah pertentangan antara ekspetasi dengan realita kalau kata sebagian orang mengatakannya ketika berbelanja melalui online. 

Memang sesuatu hal itu ada dampak positif dan negatifnya atau kelebihan dan kekurangannya, sama halnya dengan berbelanja online ini. Kelebihannya adalah kita menjadi lebih mudah untuk berbelanja, tidak perlu repot-repot ke tempat penjualnya langsung. Kekurangannya yaitu kita tidak bisa melihat langsung barang yang akan kita beli, sehingga kurang mengetahui keadaan barang yang akan kita beli apakah benar -- benar bagus tanpa cacat atau sebaliknya.

Baca juga: Belanja Online, Ancaman Saat Gajian

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline