Lihat ke Halaman Asli

Yuliyana

Mahasiswa

Blusukan Mahasiswa P2MB Kelompok 9 UPI Sumedang ke UMKM Desa Sundamekar

Diperbarui: 26 Mei 2023   00:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rumah Ketua RT 04 RW 02/Dusun Cimara/dokpri

P2MB Kelompok 9 UPI Sumedang melakukan Kegiatan Blusukan UMKM di Desa Sundamekar, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang  tepatnya di Dusun Cimara yang dijuluki sebagai "Jantung Desa Sundamekar".  Kegiatan ini dilakukan selama 3 hari terhitung sejak tanggal 03 Mei 2023 hingga 06 Mei 2023. Blusukan ini dilakukan oleh anggota  Kelompok 9 P2MB UPI Sumedang dengan jumlah 10 orang yang terdiri dari 6 orang perempuan dan 4 orang laki-laki, selain itu kegiatan ini juga di dampingi oleh Ketua RT 04 RW 02 Dusun Cimara.

Kegiatan ini didasari untuk pemenuhan salah satu Program kelompok P2MB Digital Marketing. Pak ucup selaku Ketua RT 04 RW 02 Dusun Cimara mengatakan bahwa untuk melakukan program tersebut diperlukan terlebih dahulu mengetahui kelebihan dan kelemahan dari setiap UMKM yang ada, maka dari itu kami disarankan untuk mengamati, mengobservasi dan ikut serta produksi pada setiap UMKM yang ada.

UMKM Kripik/Dusun Cimara/dokpri

Dusun Cimara ini dijuluki sebagai Jantungnya Desa Sundamekar, dimana banyaknya berbagai UMKM yang ada. Pada saat mahasiswa melakukan blusukan ditemukan kurang lebih 10 UMKM. Dari 10 UMKM tersebut terdapat 5 UMKM yang memproduksi kripik dari bahan dasar pisang dan singkong. Dari bahan dasar singkong tersebut dibuat menjadi berbagai varian rasa diantaranya original, jagung bakar, dan balado. Sama halnya dengan bahan dasar pisang dibuat menjadi berbagai varian rasa diantaranya original dan manis. Yang tak kalah menarik dari UMKM Dusun Cimara ini adalah varian piktung atau pisang tutung dengan bahan dasar pisang roid yang di iris tipis kemudian digoreng hingga warna dari pisang tersebut menjadi coklat, meskipun warna dan nama dari produk ini coklat dan tutung tidak menjadikan rasa kripik menjadi pahit dan tetap terasa manis khas dari pisang roid tersebut. Selain UMKM kripik terdapat juga UMKM jamur tiram coklat, bajigur, ayam petelur dan ayam pedaging.

UMKM Ayam Petelur/Dusun Cimara/dokpri

Berdasarkan lokasi terdekat dari posko mahasiswa P2MB kelompok 9 terdapat peternakan ayam petelur, kami melakukan blusukan dan mengikuti proses pengambilan telur tersebut. Telur yang dipanen disimpan kedalam wadah telur dengan posisi bagian telur yang runcing menghadap kebawah. Setelah dipanen dilakukan pembersihan sehingga tidak terdapat kotoran yang menempel pada telur. Setelah itu telur disusun diatas tray, kemudian di timbang dan siap dipasarkan.

Banyak sekali pengalaman yang didapatkan dalam melakukan blusukan ini, selain itu juga kami dapat mengamati, mengobservasi dan ikut serta produksi secara langsung. Setelah blusukan ini selesai dilakukan maka langkah selanjutnya adalah melakukan analisis bersama dan hasil analisis tersebut dituangkan dalam penyuluhan dan sharing sesion Digital Marketing.

Dibuat oleh : Yuliyana




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline