Lihat ke Halaman Asli

Perkembangan Psikososial Masa AUD (3-6 Tahun)

Diperbarui: 27 November 2016   20:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

-Analisis neo-Piagetian menggambarkan peralihan pada anak usia 3-6 tahun muncul dalam 3 tahap:

1.Representasitunggaladalahtahapawaldariperkembangan.
2.Pemetaanrepresentasiadalahtahapkeduadariperkembangan
3.Sistemrepresentasiadalahtahapterakhirdalamperkembangan

-Identitas Gender

Identitas gender adalah kesadaran yang dibangun pada anak usia dini bahwa ia seorang laki-laki atau perempuan. 

-Gangguan Identitas Gender

Berkeinginan kuat menjadi anggota gender lawan jenisnya
Mempunyai keinginan berpartisipasi dalam aktivitas permainan yang sesuai dengan lawan jenisnya.
Gangguan identitas gender dapat berakhir pada remaja ketika anak – anak mulai dapat menerima identitas gender. Tetapi juga dapat terus berlangsung sampai remaja bahkan hingga dewasa sehingga mungkin menjadi gay atau lesbian.

-Permainan

Pengertian  Permainan : definisi dari  permainan bagi anak adalah suatu bentuk aktivitas yang menyenangkan dilakukan semata-mata untuk aktivitas itu sendiri. (Hetherington & Parke, 1979)

Tingkat-tingkat kognitif dalam bermain :

a.bermain funsional  (kadang-kadang disebut bermain gerak) berisi praktik-praktik pengulangan dalam gerakan otot besar.
b.bermain konstruktif (disebut juga bermain objek) adalah permainan yang menggunakan objek atau meterial untuk membuat sesuatu.
c.bermain dramatis (juga disebut permainan pura-pura,permainan fantasi atau imajinatif), melibatkan objek imajiner, aksi, peran yang mengunakan fungsi-fungsi simbolis yang muncul dibagian akhir tahun kedua (Piaget, 1962). 

Fungsi permainan :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline