Lihat ke Halaman Asli

Observasi Pembelajaran SD Kelas 1

Diperbarui: 10 Oktober 2023   13:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

,

. 1

          Sebelum membahas tentang proses belajar dan mengajar di kelas 1 SD, mari kita ulas sedikit apa yang dimaksud dengan belajar dan mengajar. 

        Menurut S Nasution (1982;39) Belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai akibat dari pengalaman dan latihan.kemudian ada juga yang menyatakan bahwa belajar adalah upaya aktif individu dalam mereaksi lingkungan, sehingga terjadi perubahan padaseseorang karena adanya pengalaman atau berinteraksi dengan lingkungan.

        Sedangkan mengajar merupakan segala upaya yang disengaja dalam memberi kemungkinan pada siswa untuk terjadinya proses belajar siswa dengan tujuan yang telah dibahas.

       Seperti yang telah kita ketahui anak-anak merupakan suatu masa dimana terdapat rasa ingin tahu yang tinggi, masa-masanya bermain, aktif, susah diatur dan lain-lain yang bersuara pada kesenangan. 

        Nah dari hasil kemarin observasi di SD INPRES WALIAN  saya temukan banyak hal unik tentang anak-anak, (khususnya kelas 1 SD ), guru pengajar, dan suasana pembelajaran yang berlangsung. Awalnya saya berfikir mengajar anak-anak itu sangat mudah karena saya hanya memandang tingkat kesulitan pelajarannya saja, hampir tidak ada kesulitan dalam bentuk materi ajar, namun ternyata yang membuat susahnya itu adalah bagaimana cara penerapannya kepada anak-anak agar materi ajar yang disampaikan bisa diterima,dimengerti, dimahami dan diaplikasikan dalam kehidupannya sehari-hari.

          Proses belajar mengajar yang diterapkan oleh guru kelas 1 SD yang saya observasi cukup bagus dan terbukti efektif. Ibu guru mengawali pembelajaran dengan mengajak murid-murid untuk berdoa terlebih dahulu. 

         Kemudian menyapa murid-murid dengan penuh keceriaan yang menimbulkan kesan positif pada murid-murid yang akan belajar. awal  guru mencoba mengulas sedikit pelajaran yang telah diberikan hari sebelumnya sebagai penguatan dan pengetesan sejauh mana pemahaman siswa. 

         Pada saat pengulasan itu karena guru memakai sistem tanya jawab terciptalah situasi yang aktif namun tetap kondusif, suasan belajarpun terasa lebih hidup karena adanya interaksi antara guru dan murid. Ibu guru sofi sangiang  menyatakan bahwa dikurikulum 2013 sangatlah relevan makanya itu  kita sebagai seorang guru fokus pada BTH(Baca,Tulis) artinya bahwa di kurikulum 2013 itu kami harus terapkan dan sangat bagus untuk mereka.

.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline