Lihat ke Halaman Asli

Yulika DwiWulansari

Penulis yang bejo

Aliran Perenialisme Filsafat Pendidikan

Diperbarui: 7 Juni 2020   00:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Bismillahirrohmanirrohim

Pengertian Aliran Perenialisme

Perenialisme adalah aliran yang ada dalam filsafat pendidikan,  perenialisme ada sejak abad ke dua puluh yang berasal dari kata perennial yang memiliki arti kekal, abadi, selamanya dan selalu. Menurut aliran ini tugas utama dari filsafat yaitu menemukan suatu tujuan yang jelas dan benar.

Ada beberapa tokoh dalam aliran ini seperti Robert Maynard Hutchins dan Ortimer Adler, keduanya memiliki pemikiran masing-masing.

1. Robert Maynard Hutchins: Menurut pemikirannya pendidikan yang ideal merupakan suatu program pendidikan yang mengembangkan daya fikir yang intelektual, yakni daya fikir yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, berpikir abstrak, memahami gagasan dan lain sebagainya.

2. Ortimer Adler

Menurut pemikirannya manusia merupakan makhluk rasional yang memiliki sebuah kemampuan intelektual dalam dunia pendidikan dan juga manusia merupakan makhluk sosial dimana proses tolong menolong akan terjadi karena saling membutuhkan satu dengan yang lainnya, lalu kemampuan intelektual inilah yang akan berada ditengah-tengah komunitas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline