Sebuah Catatan Hasil Koneksi Antarmateri Modul 2.1 Pendidikan Guru Penggerak
"Setiap anak unik, dan memiliki caranya sendiri untuk belajar." - Carol Ann Tomlinson
Carol Ann Tomlinson, seorang pakar pendidikan ternama, merupakan pelopor konsep pembelajaran berdiferensiasi. Pemikirannya tentang pendekatan inovatif ini telah menginspirasi banyak guru di seluruh dunia untuk mentransformasi praktik mengajar mereka. Pendidikan dalam pemikiran tersebut ibarat taman bunga yang semarak, setiap kelopak bunga merekah dengan pesonanya masing-masing. Mawar dan melati tentu berbeda. Kaktus dan bunga matahari apalagi. Kesemuanya unik, memerlukan air yang berbeda, sinar matahari yang tak sama, dan nutrisi yang tentu berbeda pula. Begitu pula di kelas, setiap murid hadir dengan potensi dan kebutuhan belajar yang istimewa ibarat ragam bunga yang berbeda.
Dalam wacana global, era disrupsi saat ini, melahirkan tuntutan pada dunia pendidikan Indonesia yang diharapkan mampu melahirkan generasi emas yang tidak hanya cerdas, tetapi juga kreatif, adaptif, dan berkarakter mulia. Hal ini menuntut adanya transformasi paradigma pendidikan, dari pendekatan tradisional yang seragam, menuju pendekatan yang lebih holistik dan berpusat pada murid. Pemikiran Tomlinson tentang pembelajaran berdiferensiasi tersebut, memberikan kerangka yang kuat untuk mentransformasi praktik mengajar dan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan suportif bagi semua murid.
Pembelajaran berdiferensiasi hadir sebagai jawaban atas tantangan bagi pendidikan di Indonesia. Pendekatan inovatif ini memungkinkan guru untuk menyesuaikan proses pembelajaran dengan kebutuhan belajar individu setiap murid, sehingga setiap murid dapat mencapai potensinya secara maksimal. Pembelajaran berdiferensiasi bukan sekadar tren mengajar, melainkan filosofi pendidikan yang menghargai keberagaman dan potensi setiap murid. Guru bertindak sebagai fasilitator, merancang pembelajaran yang fleksibel dan variatif, bagaikan menari mengikuti irama langkah kaki para murid.
Bagaimana Cara Mewujudkannya di Kelas?
Guru bagaikan seniman kreatif yang menuangkan idenya dalam berbagai bentuk strategi pembelajaran berdiferensiasi. Berbagai strategi diferensiasi dapat dipadukan sesuai kebutuhan, seperti:
- Diferensiasi konten pembelajaran
Menyajikan materi dalam berbagai tingkatan kompleksitas dan format, seperti teks, gambar, video, dan aktivitas permainan atau manipulatif oleh murid. Guru memberi alternatif materi dalam berbagai tingkatan, bagaikan hidangan prasmanan yang memanjakan selera. Materi disajikan dalam teks, gambar, video, lagu, permainan, dan aktivitas, sehingga setiap murid dapat menemukan cara belajar yang paling sesuai.
- Diferensiasi proses pembelajaran
Memberikan pilihan metode belajar, bagaikan menyediakan berbagai alat musik untuk menghasilkan melodi yang indah. Murid dapat belajar mandiri, berkelompok, atau melalui projek, sesuai dengan gaya belajar dan kemampuan kolaborasi mereka.
- Diferensiasi produk pembelajaran
Menetapkan berbagai pilihan tugas dan penilaian yang memungkinkan murid menunjukkan pemahaman mereka dengan cara yang kreatif dan autentik. Dengan diferensiasi ini, guru menetapkan berbagai jenis tugas dan penilaian, bagaikan pameran seni yang menampilkan karya unik dari setiap murid. Tugas dan penilaian dirancang dalam bentuk esai, presentasi, portofolio, pertunjukan, dan demonstrasi, sehingga murid dapat menunjukkan pemahaman dan kreativitas mereka dengan cara yang fleksibel.