Lihat ke Halaman Asli

Inovasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Team Games Tournament (TGT) Pada Materi Pentingnya Daur Ulang Limbah SMA Kelas 10

Diperbarui: 31 Mei 2024   23:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 Foto bersama guru biologi dan siswa SMAN 3 Pekanbaru /dokpri

Pekanbaru_Mahasiswi dari Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Lancang Kuning yaitu Yulia Syafitri dan Aulia Putri telah melakukan inovasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Team Games Tournament (TGT) pada materi Pentingnya Daur Ulang Limbah Di SMA Negeri 3 Pekanbaru pada hari Rabu, 15 Mei 2024. Hal ini dilakukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Pembelajaran Biologi Inovatif.

Penerapan model pembelajaran TGT/dokpri

Model pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah proyek dan membuat siswa menjadi lebih mandiri. Serta dengan diterapkannya model TGT juga untuk membuat suasana belajar menjadi lebih rileks, menyenangkan dan memicu keterlibatan seluruh siswa.

Pemantauan guru selama pelaksanaan pembelajaran /dokpri

Model pembelajaran PjBL merupakan salah satu model pembelajaran yang banyak digunakan, khususnya di pelajaran Biologi. Karena dalam pembelajaran bologi banyak membutuhkan praktek dalam pembelajarannya agar siswa lebih mudah memahami materi tersebut.

Penerapan model pembelajaran PjBL/dokpri 

 Penggunaan PjBL ini dapat meningkatkan pemahaman mendalam siswa dan meningkatkan keterampilan siswa. Dalam penerapannya yang dilakukan oleh Aulia dan Yulia di SMA N 3 Pekanbaru khususnya pada kelas X1 dengan materi Daur Limbah. Yang mana pada materi tersebut membutuhkan sebuah praktek pembuatan proyek pembuatan Pupuk Organik Cair dan Kompos sebagai salah satu contoh mendaur limbah organik yang ada di lingkungan sekitar. Selain itu, dengan adanya model TGT dalam pembelajaran ini maka membuat suasana pembelajaran yang awalnya kaku dan belum ada interaktif, menjadi lebih menyenangkan dan tercipta nya kelas yang interaktif.


Dengan penerapan kedua inovasi model pembelajaran tersebut dapat menciptakan suasana kelas yang nyaman dan interaktif serta siswa yang penuh semangat, siswa yang menjadi tertarik dengan pembelajaran serta ilmu yang disampaikan lebih mudah diserap oleh siswa.
Berikut link YouTube Video Penerapan Model PjBL dan TGT di SMA N 3 Pekanbaru:


https://youtu.be/VNBrDno_5R4?feature=shared




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline