Lihat ke Halaman Asli

B2Yulia Nuraliyah

Kumpulan Karya Tulis

Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Pandemi Covid-19

Diperbarui: 29 Juni 2021   22:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

covid-19 atau yang biasanya kita kenal dengan sebutan Corona Virus Disease yang menyebar pada tahun 2019 merupakan wabah penyakit yang menyebar luas hingga seluruh dunia. virus ini menyerang bagian pernafasan bagi para penderitanya. penularan penyakit ini dapat terjadi melalui kontak fisik, batuk, bersin maupun benda yang telah di pegang oleh sang penderita.  biasanya orang-orang yang tertular Covid-19 ini mengalami beberapa gejala seperti batuk dan nyeri tengorokan, demam dengan suhu >38'C, sesak napas dan flu yang disertai hidung tersumbat.

adapun cara untuk kita agar tidak tertular oleh Covid-19 ini dengan cara mensosialisasika program kesehatan dengan gerakan 5M yaitu memakai masker, mencuci tanggan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilisasi atau interaksi dengan orang lain. 

selain itu kita juga harus menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan melakukan pembiasaan seperti menjaga kebersihan lingkungan, olah raga teratur, dan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Tujuan Utama agar kita sehat selama pandemi covid-19 ini dan meningkatkan kualitas kesehatan diri kita sendiri. 

selain itu kita juga harus memperhatikan pola makan, pola makan salah satu indikator gaya hidup yang memiliki pengaruh terhadap sistem imun tubuh seseorang. pola makan yang sehat yaitu tinggi serat dan rendah lemak dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. pola makan yang sehat akan memenuhi protein dan asupan gizi seimbang yang sangat perlu di terapkan di tengan pandemi covid-19

konsumsi makan agar bergizi seimbang makanan yang kita makan harus terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, serta buah dan sayuran. Dalam “isi piringku”, makanan pokok biasanya diisi oleh sumber karbohidrat. Sumber karbohidrat yang digunakan tidak harus berasal dari nasi (beras), namun bisa juga berasal dari jagung, ubi, singkong, kentang, atau mie serta olahannya. Lauk pauk merupakan bahan makanan yang digunakan sebagai sumber protein. Protein yang masuk dalam “isi piringku” harus bervariasi, termasuk di antaranya ada protein nabati dan protein nabati. Protein nabati yang masih dianggap terbaik saat ini adalah protein dari biji kedelai. 

selain gizi seimbang kita juga harus menyeimbangkan kebutuhan cairan dalam tubuh seperti minum-minuman isotonik  untuk mempermudah kita mencukupi kebutuhan ion. Aktivitas fisik yang berlebih dapat menyebabkan hilangnya sebagian ion di dalam tubuh melalui keringat. Untuk menjaga keseimbangan ion di dalam tubuh, biasanya seseorang mengkonsumsi minuman isotonik. selain minum-minuman isotonik kita harus memenuhi kebutuhan cairan sekitar 2,5 L atau kurang lebih 8 gelas sehari.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline