Lihat ke Halaman Asli

Yuliani

Mahasiswa

Teori lev Vigotsky dan pieget tentang perkembangan sosial dan kognitif

Diperbarui: 18 Januari 2025   11:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

3.Teori lev Vigotsky dan pieget tentang perkembangan sosial dan kognitif                                          Lev Vygotsky dan Jean Piaget adalah dua psikolog yang memberikan kontribusi besar dalam memahami perkembangan kognitif dan sosial anak. Meskipun keduanya meneliti perkembangan kognitif, mereka memiliki pandangan yang berbeda tentang bagaimana proses tersebut berlangsung.

Teori Lev Vygotsky tentang Perkembangan Sosial dan Kognitif

Vygotsky dikenal dengan teori perkembangan sosialnya, yang menekankan pentingnya interaksi sosial dalam perkembangan kognitif anak. Beberapa konsep utama dari teori Vygotsky adalah:

1. Peran Interaksi Sosial: Vygotsky percaya bahwa perkembangan kognitif tidak bisa dipisahkan dari konteks sosial. Menurutnya, anak-anak belajar melalui interaksi dengan orang dewasa atau teman sebaya yang lebih berpengalaman. Pengetahuan dan keterampilan baru diperoleh melalui diskusi, kolaborasi, dan bantuan dari orang lain.

2. Zona Proksimal Perkembangan (Zone of Proximal Development/ZPD): Vygotsky memperkenalkan konsep ZPD, yaitu jarak antara apa yang bisa dilakukan anak sendiri dan apa yang bisa mereka capai dengan bantuan dari orang lain (biasanya orang dewasa atau teman sebaya yang lebih mahir). Dalam ZPD, pembelajaran terjadi paling efektif ketika anak didukung oleh scaffolding (bantuan sementara) dari orang lain.

3. Scaffolding: Merujuk pada dukungan yang diberikan oleh orang dewasa atau teman sebaya yang lebih berpengalaman untuk membantu anak belajar keterampilan baru. Seiring waktu, dukungan ini dikurangi seiring anak mulai mandiri dan menguasai keterampilan tersebut.

4. Bahasa dan Pemikiran: Vygotsky juga menekankan pentingnya bahasa dalam perkembangan kognitif. Dia percaya bahwa bahasa adalah alat utama yang digunakan anak untuk berpikir dan memecahkan masalah. Melalui bahasa, anak-anak dapat menginternalisasi pengetahuan dari lingkungan sosial mereka.

Vygotsky melihat perkembangan kognitif sebagai proses yang kolaboratif dan terus menerus terjadi dalam konteks sosial budaya di mana anak tumbuh.

Teori Jean Piaget tentang Perkembangan Kognitif

Jean Piaget dikenal dengan teori perkembangan kognitif yang berfokus pada bagaimana anak-anak secara aktif membangun pemahaman tentang dunia melalui pengalaman dan eksplorasi. Menurut Piaget, perkembangan kognitif terjadi dalam tahapan-tahapan tertentu yang bersifat universal. Tahapan-tahapan tersebut adalah:

1. Tahap Sensorimotor (0-2 tahun):

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline