Lihat ke Halaman Asli

Olind Rivi

Manggarai Barat - NTT

Ada 5 Tips Membuat Resolusi Tahun Baru 2023

Diperbarui: 31 Desember 2022   06:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

CewekBanget - Grid.ID

Tidak terasa sudah tiba di penghujung tahun 2022 yang meliputi dengan penuh rasa syukur karena sepanjang perjalanan tahun ini banyak sekali pelajaran dan pengalaman hidup yang membuat kita terus tumbuh dan belajar menjadi manusia yang lebih baik lagi, dan dapat memiliki rasa bersyukur atas semua pencapaian dan juga kegagalan yang dirasakan sepanjang tahun ini. 

Dan atas apapun yang telah terjadi di tahun 2022 ini, mari ucapkan berlimpah terima kasih dan bersyukur sebagai tahun yang penuh berkah, terlebih khusus atas tercapainya resolusi kita bersama yaitu kita telah cukup berhasil melewati masa Pandemi Covid-19 dengan tertib menjalankan Prokes yang ada.

Menaati prokes yang ada adalah bukti mendatangkan kebaikan bagi kita bersama terutama dalam persiapan untuk menyambut tahun baru 2023 tanpa di hantui rasa takut lagi saat berkumpul bersama keluarga tercinta. Moment tahun baru adalah salah satu moment paling penting untuk menyampaikan resolusi atau goals hidup yang hendak dicapai.

Resolusi adalah sebuah doa, harapan, impian atau cita-cita yang ingin diwujudkan, yang bertujuan untuk membuat perubahan hidup menjadi lebih produktif dan terarah. Perubahan-perubahan tersebut bermacam-macam, baik tentang kesehatan, finansial, karir, traveling, maupun pasangan hidup. Maka apapun yang menjadi resolusi kamu harus sungguh-sungguh dijalankan dengan penuh rasa tanggung jawab, komitmen, dan konsisten sampai selesai.

Dalam membuat resolusi tahun baru, ada lima tips penting yang perlu diperhatikan :

Pertama, tentukan resolusi apa yang ingin diwujudkan. Hal ini bertujuan untuk membuat whishlist kamu jadi lebih jelas. Buatlah resolusi yang sesuai dengan kondisi dan keadaan kamu agar kamu lebih enjoy dan fokus menjalaninya.

Kedua, apakah resolusimu penting atau tidak. Ketika membuat resolusi pastikan tidak hanya sekedar ikut-ikutan untuk memeriahkan acara tahun baru saja. Resolusi adalah sebuah goals hidup, maka pastikan goals hidup apa yang paling penting untuk dicapai. Antara keinginan dan kebutuhan beda-beda tipis ya, maka untuk itu harus lebih spesifik dan lebih smart dalam menentukan apa resolusi yang paling penting untuk diwujudkan.

Ketiga, hindari membuat resolusi terlalu banyak. Aspek ini cukup penting untuk dipertimbangkan sebelum membuat resolusi. Tujuannya agar tidak menjadi beban ke diri sendiri apalagi sampai mengorbankan banyak hal. Terlalu ambisius untuk mengejar semua yang diinginkan ternyata tidak baik bagi kesehatan psikis dan mental kita. Oleh karena itu, buatlah resolusi yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan kamu agar psikis dan mental kamu tetap sehat.

Keempat, waktu. Waktu menjadi poin yang sangat penting untuk mengukur target kamu dalam mewujudkan resolusi tersebut. Misal, resolusi kamu di tahun baru 2023 adalah menurunkan berat badan 16 kg dengan diet sehat. Target dimulai dari bulan Januari 2023 sampai bulan Agustus 2023 harus berhasil menurunkan berat badan kurang lebih 2 kg setiap bulan." Nah untuk mencapai target berat badan ideal dari waktu yang telah ditentukan, maka kamu harus sungguh-sungguh menerapkan pola hidup sehat dengan benar dan konsisten.

Kelima, jangan berekspetasi tinggi. Tingkat kekecewaan paling tertinggi adalah kenyataan yang tidak sesuai dengan ekspetasi. Resolusi adalah impian, maka yang harus dicatat tidak semua impian dapat diwujudkan dengan mudah, meskipun kamu sudah berusaha dengan maksimal. Berhasil atau tidaknya sebuah resolusi harus tetap bersyukur karena itu tandanya Tuhan mau kamu berproses.

Semoga bermanfaat. Selamat menyongsong tahun baru 2023 sahabat kompasiana. Semoga cahaya kebaikan senantiasa menyinari sepanjang tahun 2023.

Tetap sehat dan umur panjang untuk kita semua !!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline