Lihat ke Halaman Asli

Yuliana Prasetiyaningsih

Guru SD Regina Pacis Jakarta

Arti Sebuah Cincin

Diperbarui: 2 Juli 2024   21:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Dalam hidup manusia apalagi seorang wanita pasti sangat menyukai dan mencintai keindahan dalam bentuk apapun termasuk perhiasan. Wah mendengar kata perhiasan apalagi yang terbuat dari logam mulia yaitu emas atau perak tentu saja yang sudah didesain dengan amat rupawan tentu sangat menggoda perhatian wanita untuk memilikinya.

Saat kita sudah menghasilkan uang setelah  bekerja maka kita mencoba untuk membeli salah satu perhiasan misalnya sebentuk cincin yang sesuai dengan selera kita. Ada rasa bangga karena kita sudah mampu membeli sesuatu yang kita sukai dengan uang hasil jerih payah kita sendiri.

Di sepenggalan perjalanan hidup saat hendak membentuk keluarga tentu harus mempersiapkan cincin yang menyimbulkan arti sebagai pasangan hidup. Kita berdua dengan pasangan tentunya  akan memilih dan membeli cincin kawin  dengan kadar karat yang melambangkan kemurnian cinta berdua, yang nantinya akan diberkati pastur saat mengucap janji suci di depan altar dan  disaksikan pastur dan umat yang ada di dalam gereja. Ada rasa haru dan bahagia karena cincin itu menjadi simbol pengikat hubungan suami istri yang bukan lagi dua tetapi menjadi satu dalam Tuhan.

Cincin kawin ini merupakan cincin yang akan selalu mengingatkan kita dalam berelasi dengan pasangan atau mengingatkan kita saat menjadi orang tua agar bijak dalam mendidik anak-anak yang dipercayakanNya. Cincin ini mempunyai arti yang sangat dalam. Kita menjadi terikat satu sama lain dalam hubungan yang sehat dan saling membangun sehingga dapat membentuk keluarga yang hangat.

Begitu juga dalam dunia kerja, dalam kurun waktu tertentu setelah kita menghabiskan sebagian energi kita untuk berbakti dan melayani sesama di suatu perusahaan tempat kita bekerja tentu akan ada sebentuk apresiasi yang dapat diberikan oleh perusahan atas kontribusi yang sudah kita berikan. Bisa berbentuk cincin atau cinderamata lainnya. Nah cincin ini sebagai simbol penghargaan serta pelepasan saat kita sudah memasuki masa purnabakti.

Hari ini aku mendapatkan cincin itu. Cincin yang bukan hanya sekadar barang, melainkan simbol penghargaan dan kepercayaan dari perusahaan. Cincin itu menjadi pengingat akan perjalanan yang penuh tantangan dan keberhasilan, serta komitmen yang aku miliki terhadap pekerjaannya di perusahaan tersebut.

Jadi cincin memiliki banyak arti dan nilai. Setiap cincin bukan hanya sebuah benda, tapi juga sebuah simbol cinta dan harapan bagi mereka yang memakainya. Yang harusnya menjadi penyemangat kita untuk melangkah menapaki jalan dalam kehidupan ini.

Ini bukanlah akhir namun sebuah awal dari suatu perjalanan baru yang harusnya kita lalui dengan penuh semangat dan suka cita yang justru jadi ajang pembuktian diri untuk terus melayani.

Andra tutto bene

Tuhan Memberkati




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline