Lihat ke Halaman Asli

Yuliana

Dosen Akuntansi Universitas Jambi dan mahasiswa S3 Universitas Pancasila

State of The Art Penelitian dan Disertasi

Diperbarui: 31 Desember 2022   23:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

DOKPRI

Diskursus State Of The Art  Disertasi

Kebingungan yang sering dialami oleh mahasiswa yang sedang menempuh Pendidikan S3 adalah disaat harus mencari topik atau materi penelitian. 

Perkuliahan dikelas selama beberapa semester terasa lebih mudah untuk diselesaikan dibandingkan dengan mencari materi atau topik penelitian. 

Penelitian berupa disertasi adalah kewajiban bagi setiap mahasiswa yang sedang kuliah S3 sebagai suatu syarat untuk menyelesaikan Pendidikan dan sebagai sumbangsih bagi pengembangan keilmuan. 

Pada saat mahasiswa S3 mengajukan materi untuk penelitian mereka, maka mereka akan dihadapkan pada pertanyaan alasan pemilihan materi dan topik penelitian mereka. 

Mahasiswa harus mampu menjelaskan mengenai alasan secara akademik mengenai pemilihan topik dan materi, menjelaskan kebaruan (novelty) dalam penelitian yang dilakukan, serta sumbangsih dari penelitan yang dilakukan terhadap pengembangan ilmu pengetahuan.

Pada saat perkuliahan di kelas, disaat mahasiswa S3 masih dibimbing dan mendapatkan materi mengenai metode penelitian atau riset terbaru di berbagai bidang, mahasiswa mulai dikenalkan dengan istilah state of the Art penelitian. 

Suatu istilah yang terdengar asing dan membingungkan awalnya tetapi merupakan tahapan yang sangat penting dalam pengembangan materi atau topik penelitian. 

Penelitian harus mampu membuat suatu state of the Art yang baik dan merefleksikan perkembangan terbaru topik atau materi penelitian yang diajukan oleh peneliti. 

Suatu topik penelitian mengalami perkembangan setiap saat dan tidak statis, bisa revolusioner, berkembang dari  satu paradigma ke paradigma lainnya. 

Perkembangan ini akan dapat terlihat dari state of the art. Pembahasan mengenai state of di art dalam tulisan ini akan dimulai dari pengertian dari istilah ini, sehingga pembaca atau calon peneliti akan memiliki pemahaman mengenai apa sebenarnya state of the art dan apa perannya dalam penelitian yang akan dilakukan. Serta bagaimana cara mahasiswa Menyusun state of the art sebagai bagian dari penulisan disertasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline