Lihat ke Halaman Asli

Yuliana

yuliana

Tim HIMAPAUD Mengadakan Pelatihan E-commerce sebagai Media Promosi Batik Desa Garon

Diperbarui: 13 Maret 2022   22:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Batik merupakan bentuk identitas dan ciri khas bangsa Indonesia yang dibanggakan. Menurut UNESCO Batik itu sendiri sudah diakui menjadi salah satu warisan kemanusiaan  pada budaya lisan dan non bendawi (Mastrepieces of the oral and intangible heritage of humanity). Di Magetan tepatnya pada desa Garon sudah dilakukan pelatihan membatik untuk mengembangkan kemampuan masyarakat pada bidang batik. Sebagai salah satu bentuk pengembangan agar batik garon semakin dikenal masyarakat luas Tim HIMAPAUD PHP2D mahasiswa UNIPMA mengadakan pelatihan pemasaran dengan aplikasi secara online. Tim tersebut terdiri dari 15 mahasiswa PGPAUD dengan dosen pembimbing Sofia Nur Afifah, S.Pd., M.Pd.

Tepat pada tanggal 2 oktober 2021, Tim HIMAPAUD menggelar acara pelatihan e-commerce (perdagangan elektronik) untuk pemasaran batik, kegiatan dilaksanakan pada balai desa Garon dengan peserta yang sanggat antusias dari ibu-ibu PKK dan karang taruna. Acara yang dipandu oleh mahasiswa memaparkan materi mengenai strategi pemasaran melalui e-commerce mulai dari beberapa aplikasi sampai penggunaan web toko. Kegiatan pelatihan sangat bermakna karena terjadi komunukasi dua arah antara mahasiswa dan peserta yaitu masyarakat  melalui tanya jawab seputar e-commerce sebagai salah satu media promosi batik .

whatsapp-image-2022-03-13-at-20-17-07-1-622e043580a65a3e93018f14.jpeg

Melalui kegiatan pelatihan pemasaran melalui e-commerce agar masyarakat produksi batik menggunakan aplikasi online yang efektif dan efisien dengan tujuan mengenalkan batik  yang diproduksi pada masyarakat yang lebih luas. Dari pelatihan ini masyarakat bisa memamerkan hasil produksi dengan cara kreatif, menunjukkan keunggulan dan perbedaan dari batik yang lain, menyuguhkan gambaran visual yang menjadi daya tarik pada stategi pemasaran. Rangkaian acara berjalan lancar karena dukungan dari beberapa pihak mulai dari kepala desa Garon beserta perangkat, dosen pembimbing dan juga masyarakat sekitar. Ucapan terimakasih pada seluruh pihak yang mendukung dalam upaya pengembangan batik  di desa garon sehingga acara demi acara bisa terlaksana dan berjalan lancar.

whatsapp-image-2022-03-13-at-20-17-06-622e03ee7a36cd544e6bfde2.jpeg




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline