Lihat ke Halaman Asli

Memahami Pentingnya Penerapan Tari Tradisional Suku Sumbawa

Diperbarui: 8 April 2016   15:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Oleh: Yuliana Putri

Tari tradisional adalah tarian  yang buat oleh nenek moyang kita pada zaman dahulu dan dikembangkan didalam  daerahnya secara turun temurun. Dalam tarian tradisional yang dibuat oleh nenek moyang kita dahulu selain sebagai suatu kesenian juga terdapat nilai-nilai yang terkandung didalamnya Seperti halnya tarian tradisional di Sumbawa barat. Dalam tarian yang dibuat oleh nenek moyang di suku Sumbawa barat terdapat nilai historis, pedoman bagi setiap orang dalam menjalankan kehidupan.

 Ada pun beberapa dari tarian  tradisional Sumbawa barat yang didalamnya mengandung berbagai nilai-nilai pertama tari  nguri, dalam taian ini mengandung nilai kesopanan, keramahan dan kelembutan serta peresembahan masyarakat kepada raja Sumbawa yang sedang ditimpa duka pada masa itu, kedua tari pasaji, dalam tarian ini memiliki nilai yang santun dan cara menyerahkan pasaji, dan karyanya pada sultan Sumbawa dan menyerahkannya pada sultan Sumbawa. Ketiga tari mata rame, dalam tarian ini mengandung nilai yang mengedepankan nilai gotong royong muda mudi pada saat menuai padi di sawah. Keempat tari ngumang rame, dalam taian ini juga memiliki nilai tentang semangat para remaja Sumbawa untuk bergotong royong. Kelima drama tari lalu dia-lala jines, dalam tarian ini memiliki makna tentang kisah romantik lalu dia yang berasal dari alas degan lala jines dari seran sateluk.

Agar tari tradisional Sumbawa barat tetap berjalan dan lestari,  maka perlu dibuatkan atau diterapkan didalam sekolah ekstrakulikuler tari traditional. Karena dengan diterapkannya ektrakulikuler tari taradisional di sekolah khususnya di Sumbawa barat selain untuk meningkatkan kreatifitas siswa di bidang kesenian juga untuk menanamkan sikap sosial pada siswa melalui makna yang terkandung dari tarian yang dipelajari oleh siswa itu sendiri. Dalam ekstra kulikuler tari tradisional siwa tidak hanya diajarkan tentang tata cara melakukan gerakan tarian dengan baik saja akan tetapi juga diajarkan meneganai apa makna yang terkandung didalamnya agar siswa yang menarikan tarian tari tradisional Sumbawa itu pada saat melakukan pertujukan tidak hanya menunjukkan gerakannya tari saja tetapi menyampaikan nilai atau pesan moral yag terkandung didalam tarian tersebut.

Selain itu dengan mengetahui nilai dan makna yang terkandung dalam tarian tradisional yang dilakukan oleh siswa, maka mereka akan memahami seperti apakah sikap sosial yang  dimiliki oleh nenek moyang mereke pada zamaan dahulu serta mereka bisa menerapkan niali-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari mereka. Karena sesungguhnya apa yang mereka pelajari tersebut adalah pedoman bagi mereka untuk bersikap dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu perlu diterapkannya ektrakulikuler tersebut guna untuk menigkatkan sikap sosial mereka dan dapat menerapkan sikap sosial tersebut dalam kehidupan sehari-hari mereka.

 

 

Sumber Referensi:

http://samawaculture.blogspot.co.id/p/kesenian-tari-sumbawa.html

http://www.negerikuindonesia.com/2015/09/tari-nguri-tarian-tradisonal-dari.html

 

 

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline