Lihat ke Halaman Asli

Yulia Indriani Ismawan

STAFF ADMINISTRASI LEMBAGA PENDIDIKAN

Kunci Komunikasi untuk Mendapatkan Sponsor Acara

Diperbarui: 18 November 2024   11:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.sponsoracara.com

Untuk mendapatkan sponsor acara, kemampuan berkomunikasi dengan baik sangatlah penting. Komunikasi yang baik membantu dalam memahami bagaimana pesan disampaikan, diterima, dan dipahami oleh calon sponsor acara. Komunikasi memiliki peran yang krusial dalam kehidupan sehari-hari. Dalam mencari sponsor, komunikasi memungkinkan untuk membentuk hubungan interpersonal yang kuat, mengatasi konflik, dan berkolaborasi untuk mencapai tujuan bersama.

Komunikasi adalah proses saling bertukar informasi, gagasan, atau emosi antara individu atau kelompok. Ini melibatkan penggunaan berbagai cara, seperti kata-kata, ekspresi wajah, gerakan tubuh, atau bahasa isyarat untuk menyampaikan pesan kepada penerima calon sponsor.

Komunikasi Efektif

Komunikasi yang harus terjalin antara kamu dan calon sponsor adalah komunikasi efektif. Namun, apa itu komunikasi efektif? Komunikasi efektif adalah penyampaian pesan yang terlaksana sesuai dengan maksud dan tujuan kamu sebagai panitia acara. Komunikasi efektif adalah kunci yang diinginkan setiap pelaku komunikasi, di mana pesan yang disampaikan panitia acara dapat diterima dengan tepat oleh calon sponsor, sehingga mereka tertarik untuk menjadi sponsor dalam acara yang akan diselenggarakan.

Manfaat Komunikasi Efektif

Komunikasi efektif memiliki banyak manfaat yang signifikan. Komunikasi yang efektif mampu membantu kamu untuk mendapatkan sponsor, mendiskusikan keinginan dari calon sponsor, dan menegosiasikan kebutuhan-kebutuhan untuk keberlangsungan acara yang akan kamu selenggarakan.

Tiga komunikasi efektif yang biasa dilakukan untuk mendapatkan sponsor acara, yaitu

1. Komunikasi verbal 

Komunikasi verbal adalah komunikasi yang melibatkan kata-kata, baik lisan maupun tulisan. Kata-kata adalah apa yang kita ucapkan atau tuliskan. Komunikasi verbal ini dilakukan saat kamu datang kepada calon sponsor dan menyampaikan penawaran sponsor acara secara langsung. Yang harus diperhatikan saat komunikasi secara langsung dengan calon sponsor; tinggi -- rendahnya nada suara saat berbicara, nada menyampaikan informasi acara kepada calon sponsor, pemilihan bahasa saat penyampaian informasi acara pastikan tidak berbelit -- belit, dan menggunakan bahasa yang 

mudah dipahami calon sponsor acara. Tiga komponen ini akan memperlihatkan penawaran kamu menarik calon sponsor dan calon sponsor dapat mempertimbangkan penawaran yang kamu ajukan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline