Paket sponsor merupakan komponen mendapatkan sponsor yang penting. Dengan sponsorship, kedua belah pihak diuntungkan. Event mendapatkan dukungan keuangan dan sponsor dapat beriklan. Cara mendapatkan sponsor yang cukup ampuh adalah menyediakan paket sponsor yang menarik. Dalam paket sponsor biasanya panitia event menawarkan benefit-benefit bagi perusahaan dalam meningkatkan eksposur dan brand awareness suatu produk. Paket sponsor dapat disertakan di dalam proposal event yang kamu buat. Cara mendapatkan sponsor dengan menyediakan paket sponsor kepada pihak perusahaan ini bisa dilakukan dengan menguraikan benefit dan peluang yang tersedia bagi calon sponsor. Paket sponsor ini dapat disajikan dalam bentuk deskriptif maupun dalam bentuk tabel.
Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mendapatkan sponsor dengan membuat paket sponsor dan contoh paket sponsor yang menarik. Dengan demikian event kamu memiliki nilai tambah dan dapat menarik minat perusahaan atau organisasi untuk menjadi sponsor event kamu.
Paket sponsor biasanya terdiri dari beberapa komponen utama yang dirancang untuk menguraikan manfaat dan peluang yang tersedia bagi sponsor. Komponen-komponen ini termasuk diuraikan sebagai berikut.
1. Tingkat Sponsor
Cara mendapatkan sponsor dengan memberikan tingkatan sponsor dilakukan untuk membedakan benefit-benefit yang didapatkan setiap perusahaan berdasarkan besaran bantuan yang diberikan. Sebelum mengkategorikan tingkatan sponsor, kamu sebaiknya tahu dulu jenis-jenis sponsor.
* Sponsor Resmi, biasanya memberikan dukungan bukan dalam bentuk uang tetapi dalam bentuk benda sesuai dengan jenis usahanya.
* Sponsor Utama, biasanya adalah pendukung utama yang menyediakan dana paling besar dalam penyelenggaraan event.
* Sponsor Umum, biasanya adalah sponsor yang memberikan dukungan dana setengah dari sponsor utama.
* Sponsor Teknis, biasanya adalah sponsor yang memberikan dukungan berupa jasa atau barang untuk keperluan event.
* Partisipasi Sponsor, biasanya adalah sponsor yang memberikan dukungan sederhana atau bisa sekitar 10% dari dana yang diberikan oleh sponsor utama dan sponsor umum.
Dengan mengetahui jenis-jenis sponsor, kamu dapat memberikan nama yang lebih elegan dan menarik untuk setiap tingkatan sponsor. Contohnya paket khusus untuk sponsor resmi, paket sponsor platinum untuk sponsor utama, paket sponsor gold untuk sponsor umum dan teknis, dan paket sponsor perak untuk partisipasi sponsor. Ini juga dapat sesuaikan dengan kreativitas masing-masing, dengan mengacu pada jenis-jenis sponsor di atas.
2. Eksposur Merk
Eksposur merk merupakan detail tentang bagaimana sponsor akan menerima visibilitas dan paparan merek, seperti penempatan logo pada materi acara, papan nama, situs web, media sosial, dan item promosi. Cara mendapatkan sponsor dengan memberikan eksposur merk akan memberikan gambaran bagi calon sponsor terhadap benefit-benefit yang akan didapatkan. Ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi perusahaan.
Misalnya, memberikan hak eksekutif kepada paket sponsor khusus dengan tidak menerima perusahaan saingan untuk menjadi sponsor. Semua benefit ini dapat disesuaikan kembali dengan kemampuan panitia event. Namun, pastikan dalam eksposur merk ini harus ada benefit spesial untuk setiap tingkatannya.
3. Keterlibatan Acara
Dalam membuat paket sponsor, menguraikan keterlibatan acara pada tingkatan sponsor yang paling premium cukup penting. Cara mendapatkan sponsor ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi perusahaan yang bertujuan untuk memasarkan produk. Peluang sponsor untuk berpartisipasi dalam acara tersebut dapat berupa presentasi/pemaparan singkat, lokakarya, diskusi panel, atau demonstrasi produk.
4. Periklanan dan Promosi
Periklanan dan promosi adalah kunci dari menjadi sponsor sebuah event. Biasanya, perusahaan menjadi sponsor event untuk mendapatkan periklanan dan promosi dengan pasar yang lebih luas. Cara mendapatkan sponsor dengan membedakan benefit periklanan dan promosi pada setiap tingkatan paket sponsor menjadi daya tarik setiap perusahaan. Peluang periklanan dan promosi yang dapat menjadi penawaran antara lain adalah iklan cetak atau digital, disebutkan dalam siaran pers, buletin, atau kampanye email khusus, buka stand pada saat event berlangsung, pemajangan logo yang lebih besar bagi sponsor khusus atau platinum. Semuanya dapat disesuaikan kembali tergantung kesepakatan panitia event.
5. Manfaat yang Dapat Disesuaikan
Cara mendapatkan sponsor dengan memberikan fleksibilitas benefit pada tingkatan sponsor tertentu, perusahaan akan lebih membuka diri untuk bekerja sama. Fleksibilitas bagi sponsor untuk menyesuaikan paket mereka berdasarkan kebutuhan atau preferensi khusus memungkinkan pengaturan sponsor yang disesuaikan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H