Lihat ke Halaman Asli

Yulia Indriani Ismawan

STAFF ADMINISTRASI LEMBAGA PENDIDIKAN

Strategi Cari Dana Organisasi

Diperbarui: 27 Juni 2024   13:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.strategicaridanaorganisasi.com

Organisasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat, melekat di setiap lingkungan untuk saling bersosial, sehingga organisasi dapat digambarkan sebagai wadah atau sarana untuk masyarakat atau anggota organisasi  yang memiliki tujuan yang sama di bidangnya masing-masing. Organisasi banyak dijumpai di sekolah seperti pramuka, paskibra, OSIS,sedangkan 

Di kampus seperti BEM, himpunan, dan organisasi UKM yang banyak dan berbeda-beda di setiap kampus biasanya disesuaikan dengan minat dan tujuan mahasiswa. Setiap organisasi memiliki tujuan yang berbeda–beda, namun tujuan itu menggambarkan apa yang harus dicapai melalui prosedur, program kegiatan, pola kebijakan, strategi, anggaran, dan peraturan yang ditetapkan dalam organisasi.

Organisasi dapat dikatakan berjalan dengan ideal ketika memiliki kegiatan dalam organisasinya, kegiatan yang dilaksanakan baiknya berdasarkan program kerja yang sudah dirancang dan disesuaikan dengan tujuan organisasi, supaya kegiatanya tepat sasaran dan membuat organisasi memiliki eksistensi yang tinggi. Untuk melaksanakan program kegiatan organisasi yang harus diperhatikan pastinya harus memiliki anggaran yang cukup dan memadai agar kegiatan yang dilaksanakan maksimal. Organisasi harus memiliki strategi yang dapat dilakukan agar mendapatkan anggaran untuk keberlangsungan kegiatan organisasi. Berikut ini 4 strategi cari dana organisasi yang dapat kamu lakukan:

1. Membuat Merchandise Berbayar

Strategi yang bisa dilakukan dalam mencari dana organisasi, pengurus atau panitia kegiatan dapat membuat merchandise berbayar bagi orang yang menghadiri atau menjadi peserta kegiatan, merchandise itu apa sih? Merchandise merupakan barang atau produk–produk yang diproduksi atau disediakan, gratis maupun berbayar, sebagai bagian dari strategi menambah dana organisasi dan branding suatu organisasi dalam suatu kegiatan. 

Supaya merchandise banyak diminati, merchandise yang disediakan harus memiliki kualitas yang bagus, unik atau bisa juga produk terbatas yang hanya bisa didapatkan saat mengikuti kegiatan tersebut.

Produk yang bisa menjadi merchandise contohnya seperti kaos dengan desain yang unik dan terbatas, tumbler custom yang desainnya unik, jaket atau hoodie yang desainnya terbatas, pin, gantungan kunci, tote bag atau pouch bag yang didesain secara khusus sesuai dengan tema acara  juga bisa menjadi daya tarik untuk dapat diminati.

2. Memasang Biaya Pendaftaran Atau HTM

Strategi yang bisa dilakukan dalam mencari dana organisasi, memasang biaya pendaftaran kegiatan, untuk menjalankan strategi ini pengurus dan panitia harus memiliki nilai jual yang berbeda dari kegiatan lainnya, misalnya saat kegiatanya webinar tokoh yang dihadirkan merupakan tokoh yang profesional dan banyak dikenal, untuk meningkatkan daya tarik dan banyak yang tertarik mengikuti kegiatan tersebut. Karena, orang bisa menghabiskan uang untuk mengikuti kegiatan yang disukai dan diminatinya. 

Strategi cari dana organisasi ini juga dapat dilakukan saat organisasi tidak mempunyai waktu lagi untuk mencari dana, langkah ini bisa menjadi alternatif cari dana organisasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline