Lihat ke Halaman Asli

Peran Gerakan Keagamaan dalam Membentuk Identitas Masyarakat Muslim di Era Modern

Diperbarui: 27 Juni 2023   08:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seperti yang kita tahu, agama sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Karena agama adalah sebuah pedoman dan pegangan hidup bagi seluruh umatnya. Sebagai contoh, agama menjadi salah satu jalan alternatif untuk memberi ketenangan diri ketika seseorang mengalami kegundahan hati didalam jiwa. 

Agama juga dijadikan sebagai tolak ukur untuk mengatur tingkah laku penganutnya dalam kehidupan sehari-hari, seperti memberi kemantapan batin, rasa bahagia dan puas terhadap keadaan, dan rasa terjaga satu sama lain. 

Adapun keterkaitan hubungan antara agama dan manusia dalam kehidupan sehari-hari yang terkadang tidak disadari oleh masyarakat, misalnya terjalinnya hubungan yang harmonis antar masyarakat yang tidak akan memicu kericuhan dan konflik. 

Salah satu faktor yang menjadi menimbulkan kerukunan tersebut ialah adanya organisasi gerakan keagamaan. Gerakan keagamaan ini memiliki tujuan untuk memperkuat toleransi dan solidaritas masyarakat. Jadi, sangat diperlukan gerakan keagamaan ini untuk mengatasi berbagai masalah salah satunya yaitu pada krisis identitas pada aspek religiusitas individu dalam kehidupan masyarakat.

Gerakan keagamaan mempunyai peran yang sangat penting dalam masyarakat dengan bermacam-macam cara, yang memiliki rencana untuk membentuk identitas masyarakat Muslim dalam era modern. 

Gerakan-gerakan ini sangat memiliki pengaruh yang signifikan dalam mempengaruhi keyakinan yang dianut oleh umatnya, nilai---moral dan etika, praktik keagamaan, dan juga pandangan dunia tentang umat Islam. 

Sebagaimana untuk menguatkan identitas agama, kita harus menjaga keyakinan dan praktik keagamaan yang telah diajarkan dengan baik. Pada gerakan keagamaan ini dapat memunculkan peran yang positif dalam pembentukan identitas masyarakat Muslim. 

Seperti, yang pertama melalui pengajaran dan penyebaran ajaran agama, dengan melakukan beberapa kegiatan pada umumnya, misalnya ceramah, khotbah, dan lainnya. Jika di jaman modern bisa melalui teknologi informasi modern atau internet yaitu media sosial, siaran televisi, radio. 

Dan dari sinilah dapat dilihat bagaimana berjalannya suatu proses agar terdorong nya pengamalan ajaran-ajaran agama yang dengan baik yang meliputi keadilan, kesetaraan tanpa membeda-bedakan, toleransi, dan kerjasama Kedua, pada nilai---moral dan etika bisa dikatakan ini sangatlah penting untuk kita, yang mengajarkan prinsip-prinsip agama yang meliputi etika, kejujuran, sikap toleransi, kesabaran, dan ketaatan. Ketiga adalah pendidikan agama yang khususnya pada agama Islam. 

Dari gerakan keagamaan seringkali memiliki peran penting dalam menyediakan pendidikan agama yang lebih kuat dan menyeluruh bagi masyarakat Muslim. 

Biasanya dari masing-masing organisasi keagamaan ini mendirikan beberapa sekolah-sekolah agama, seperti pesantren atau lembaga pendidikan berbasis agama yang akan mengajarkan nilai-nilai dan ajaran agama Islam. Hal ini dapat membantu untuk mengokohkan identitas agama dalam berbagai kalangan, khususnya pada kalangan generasi muda yang terkadang sedikit lebih sulit diberi pemahaman karena mudah terpengaruh oleh beberapa faktor negatif, yang mengakibatkan kurangnya pemahaman tentang agama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline