Lihat ke Halaman Asli

Yulia El Milla

Dosen Pendidikan Matematika di Universitas Negeri Surabaya

Pengabdian Masyarakat Dosen Pendidikan Matematika di Kabupaten Magetan

Diperbarui: 23 Juli 2023   12:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Yulia El Milla

Berdasarkan UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang pendidikan tinggi, setiap dosen berkewajiban menjalankan Tri Dharma yang terdiri dari pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat. Di tahun 2023 ini, para dosen Pendidikan Matematika Universitas Negeri Surabaya menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Kabupaten Magetan.

Terdapat 13 kelompok dosen yang menyasar sekolah-sekolah di Kabupaten Magetan untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Dosen-dosen Unesa tersebut berasal dari program studi S1 Pendidikan Matematika, S1 Matematika, S2 Pendidikan Matematika, dan S3 Pendidikan Matematika. Kelompok-kelompok tersebut mengusung berbagai tema sesuai dengan kebutuhan guru-guru di Kabupaten Magetan yang menjadi sasaran kegiatan.

Di awal tahun 2022, dampak dari pandemi Covid-19, Kemendikbudristek mengeluarkan kebijakan tentang Kurikulum Merdeka. Namun demikian, sosialisasi mengenai penyusunan perangkat pembelajaran dengan Kurikulum Merdeka, yaitu disebut modul ajar, belum menyebar secara luas ke semua guru. Sosialisasi masih terbatas diawali oleh guru-guru penggerak yang ada di sekolah penggerak. Di tahun 2021, pemerintah Kabupaten Magetan hanya menganggarkan untuk 2 hingga 3 sekolah saja yang didaftarkan sebagai sekolah penggerak, padahal jumlah sekolah yang ada di Kabupaten Magetan berjumlah 727 sekolah. Hal ini lah yang mendasari salah satu kelompok dosen Pendidikan Matematika Unesa yang digawangi oleh Ika Kurniasari, M.Pd., Dr. Nonik Indrawatiningsih, M.Pd., dan Yulia Izza El Milla, M.Pd. untuk mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang melatih guru-guru matematika jenjang SMP dalam menyusun modul ajar Kurikulum Merdeka.

Sumber: Yulia El Milla

Kegiatan yang bertajuk "Workshop Penyusunan Modul Ajar Matematika Kurikulum Merdeka pada Jenjang SMP di Kabupaten Magetan" ini digelar pada hari Sabtu tanggal 22 Juli 2023 berlokasi di SMK 1 Magetan. Atas koordinasi yang dilakukan antara tim PKM dengan ibu Sri Martini, S.Pd. dari SMPN 2 Parang, kegiatan berjalan lancar dan penuh antusias dari peserta yang berasal dari berbagai SMP di Kabupaten Magetan. Antusiasme terlihat dari interaksi yang dilakukan peserta dengan narasumber kaitannya dengan pelaksanaan Kurikulum Merdeka di lapangan, berbagai kendala dan tantangan serta solusi dalam menghadapinya.

Sumber: Yulia El Milla

Ibu Sri Martini, S.Pd. berterima kasih kepada para dosen Unesa yang menjadikan guru-guru sekolah di Magetan sebagai sasaran dalam kegiatan PKM ini. Melalui kegiatan PKM ini, guru-guru dengan para dosen Pendidikan Matematika Unesa dapat melakukan dialog interaktif mengenai pelaksanaan Kurikulum Merdeka di lapangan, utamanya terkait dalam penyusunan modul ajar. Perubahan-perubahan paradigma dalam Kurikulum Merdeka perlu untuk disinergikan sehingga tujuan dari Kurikulum Merdeka untuk mengoptimalkan kemampuan peserta didik melalui pembelajaran berdiferensiasi dapat tercapai.

Sumber: Yulia El Milla

Tim pelaksana PKM yang diketuai oleh Ibu Ika Kurniasari, M.Pd. juga mengucapkan terima kasih kepada Tim MGMP Kabupaten Magetan yang bersedia mengkoordinasikan kegiatan sehingga dapat berjalan dengan lancar, kepada guru-guru matematika jenjang SMP di Magetan yang bersedia menjadi sasaran dalam kegiatan PKM ini. Dengan dilaksanakannya kegiatan PKM ini, diharapkan dapat memberikan manfaat untuk peserta.

Kegiatan dilanjutkan dengan penugasan penyusunan modul ajar yang sesuai dengan ciri Kurikulum Merdeka yang nantinya akan diberikan umpan balik oleh tim dosen pelaksana PKM sehingga diharapkan dapat menjadi referensi dalam menyusun modul ajar selanjutnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline