Lihat ke Halaman Asli

Yuliyanti

TERVERIFIKASI

Yuli adja

Begini Cara Saya Menyimpan Kemiri agar Tidak Jamuran

Diperbarui: 10 Juni 2022   08:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi https://www.kompas.com/food/read/2021/01/13/180600475/4-cara-simpan-kemiri-agar-tidak-bau-tengik-bisa-awet-sampai-1-tahun?amp=1&page=2

Beberapa hari yang lalu, adik memberi nangka muda utuh. Namun, dititipkan di rumah ibu. Ketika saya mengunjungi beliau, ibu memberikan bahan sayur tersebut.

Singkat cerita, nangka sesampai di rumah lalu dibelah, baru kemudan direbus. Sebab, saya ingin memasak menu baru. 

Nah, saat hendak menyangrai kemiri, ternyata rempah tersebut jamuran. Akhirnya nangka rebus saya simpan di kulkas.(Tunggu resep selanjutnya ya, Pembaca).

Seperti biasanya, setiap membeli bumbu dapur, semacam kemiri tersimpan dikemasan plastik dalam toples tertutup. Namun, takjarang saya simpan di kulkas.

Dan, selama ini aman-aman saja. Ternyata, cara menyimpan bumbu dapur, terutama kemiri gampang-gampang susah, ya!

Baiklah, sebelum kita ulas lebih lanjut apa sih, kemiri dan manfaatnya?

Ilustrasi https://batam.tribunnews.com/amp/2021/01/15/cara-simpan-kemiri-agar-awet-sampai-1-tahun-dijamin-tidak-bau-tengik

Menurut Wikipedia-Kemiri (Aleurites moluccana (L.) Wild.), adalah tumbuhan yang bijinya dimanfaatkan sebagai sumber minyak dan rempah-rempah. Tumbuhan ini masih sekerabat dengan singkong dan termasuk dalam suku Euphorbiaceae. Dalam perdagangan antarnegara dikenal sebagai campuran cat.

Mengutip dari halodoc.com-Kemiri memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Bila diolah dan digunakan sebagai minyak, dapat menyehatkan rambut, melindungi kulit dari gangguan kesehatan, mengatasi ketombe hingga membuat kulit cerah. Bila dikonsumsi, kemiri dipercaya dapat melancarkan pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh.”

***

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline