Lihat ke Halaman Asli

Yuliyanti

TERVERIFIKASI

Yuli adja

Awalnya sih Coba-Coba, Nyatanya Luar Biasa Hasilnya

Diperbarui: 27 Maret 2022   14:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Petis Udang, dokumen pribadi

Awalnya Hanya Coba-coba, Nyatanya Luar Biasa Hasilnya

Pada suatu ketika, saya hendak memasak berbahan tahu, dan petis sebagai pendampingnya. Bahan lain sudah tersedia, namun petis tak ada.

Saya mencoba memesan di beberapa penjual sayur, namun mereka malah kebingungan. Salah satu pedagang bilang, di pasar nggak ada yang jualan petis.

Apa itu petis?

Petis merupakan masakan khas Indonesia yang diolah dari produk sampingan pengolahan makanan berkuah( biasanya dari pindang ikan, kupang, atau udang) dipanaskan hingga cairan menyerupai saus yang pekat berasa manis. Petis biasanya digunakan untuk penyedap makanan.
Wikipedia.

***

Timbul inisiatif untuk membuat sendiri. Berhubung ini baru pertama kali mengolah, maka saya mencari panduan resepnya. Syukur alhamdulillah, bisa menemukan yang dicari dengan bahan kepala udang dan ikan.

Saya merasa pede setelah membaca berulang-ulang langkah-langkahnya. Bismillah, semoga berhasil. Kayaknya sih, sangat mudah.

Kebetulan saya masih menyimpan sebungkus udang cukup lumayan di lemari es. Tetapi masa iya sih, bahannya kepala dan kulit udang?

Tapi asuk akal juga, sebab aromanya rada-rada gimana gitu,...lupa-lupa ingat. Habis pertama menyantap tahu petis di Kota asalnya (Semarang) era 90 an.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline