Lihat ke Halaman Asli

Sukses Mengadakan Sosialisasi Mitigasi Bencana Tanah Longsor dan Penanaman Tanaman Akar Wangi

Diperbarui: 4 September 2023   22:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

penyerahan kenang-kenangan kepada narasumber (Dokpri)

"Mahasiswa KKN UIN SAIZU adakan Sosialisasi Mitigasi Bencana Longsor dan Penanaman Tanaman Akar Wangi"

Kebumen_ Mahasiswa KKN UIN SAIZU Purwokerto Kolaborasikan Kegiatan Sosialisasi Mitigasi Bencana Tanah Longsor dan Penanaman Tanaman Akar Wangi Dengan Pemerintah Desa. (Kamis, 27/07/2023).

Kegiatan ini bekerja sama dengan Pemerintah Desa Donosari yang mengundang BPD Kebumen, dan dihadiri oleh Tim Kecamatan Sruweng, Tim Koramil Sruweng, Tim Polsek Sruweng, Tim Destana dan Forum Pengurangan Resiko Bencana di Aula Balai Desa Donosari 

Dalam sambutannya Kepala Desa Donosari bapak Supyan menghimbau masyarakat bisa lebih tahu bagaimana tindakan yang harus dilakukan dan bagaimana cara menanggulangi bencana tersebut.

"Dengan adanya sosialisasi mitigasi bencana ini semoga kedepannya masyarakat desa Donosari bisa lebih paham apa yang harus dilakukan apabila terjadi longsor dan bagaimana melakukan pencegahannya". harapan nya.

Dalam paparannya Bapak Rokhatun, SE. Selaku anggota PPD Kebumen sekaligus Narasumber) menyampaikan desa Donosari merupakan desa yang Rawan Bencana, hampir semua bencana ada di Kabupaten Kebumen dan masyarakat Kabupaten masih rendah dalam pemahaman kebencanaan .

" Trdapat 9 titik bencana yang ada di kebumen, dan Desa Donosari merupakan desa ancaman yang masuk dalam kategori terancam tinggi. Pemahaman kebencanaan yang masih rendah bisa mengakibatkan rawan bencana". ungkapnya.

Oleh karena itu, butuh tindakan Mitigasi bencana. Pihak desa bisa lakukan kolaborasi dengan seluruh komponen yang terlibat.

Hasil dari kegiatan ini adalah Mahasiswa KKN dapat kolaborasikan sosialisasi penanaman akar wangi dengan Pemerintah Desa di tempat-tempat yang rawan longsor.

Editor: Nurya Fatma Fatimah




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline