1.4.a.4.3. KEYAKINAN KELAS _EKSPLORASI KONSEP MODUL 1.4
Assalamualaikum Warahmatullah
Perkenalkan saya Yulia Endang Purwanti, S.Pd CGP Angkatan 9 Kota Cimahi Jawa Barat , Unit Kerja SD Negeri Cibabat Mandiri 2.
Kali iini saya akan memaparkan Materi 1.1.a.4.3 Keyakinan Kelas_Eksplorasi Konsep Modul 1.4.
Page 1
Tujuan Pembelajaran Khusus yang ingin di capainoleh semua CGP setelah mempelajari sub modul ini dengan materi Keyakinan Kelas adalah :
1. CGP dapat menganalisis pentingnya memiliki keyakinan sekolah/kelas sebagai fondasi dan arah tujuan sebuah sekolah/kelas, yang akan menjadi landasan dalam memecahkan konflik atau permasalahan di dalam sebuah sekolah/kelas.
2. CGP dapat menjelaskan proses pembentukan dari peraturan-peraturan beralih ke keyakinan kelas.
3. CGP akan dapat berpikir kritis, kreatif, reflektif, dan terbuka dalam menggali nilai-nilai yang dituju pada peraturan yang ada di sekolah mereka masing-masing.
Page 2
Mengapa keyakinan kelas ? mengapa tidak peraturan kelas saja ?
Keyakinan kelas terbentuk atas dasar kesepakatan semua murid dengan tuntunan dan bimbingan guru, keyakinan kelas merupakan hasil diskusi , mufakat bersama, apa saja yang menjadi aturan yang dituangkan , point apa saja yang di masukkan ke dalam keyakinan kelas yang dibuat serta apa konsekuensi yang di terima jika kita melaksanakan atau melanggar keyakinan tersebut.
Sementara Peraturan Kelas di buat, disusun oleh satu pihak yaitu guru tampa adanya konsekuensi bersam, sehingga rewand atau punishment yang di terima merupakan satu arah sebagai imbas dari aturan yang ditetapkan sepihak oleh guru.
Page 3
Nilai-nilai kebajikan yang saya tentukan dan saya jadikan perhatian utama adalah beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berahklak mulia , kemudian diikuti dengan nilai kebijakan yang lain yaitu; mandiri, kreatif, bernalar kritis, gotong royong dan berkebhinekaan global.
Page 4