Siang itu saya berkesempatan untuk melakukan pembelajaran Project Based Learning dalam kelas matematika.
Kebetulan materi yang sedang dipelajari anak anak adalah aritmatika sosial dimana siswa diajak belajar tentang literasi keuangan yang meliputi harga jual, harga beli, untung/rugi, prosentase untung /rugi dan pajak.
Agar pembelajaran lebih menarik dan siswa bisa mempraktekkan langsung tentang aritmatika sosial, kami mengambil kesepakatan untuk melakukan bazaar kelas. Ya, sebuah kegiatan dimana siswa dibagi-bagi dalam kelompok, lalu tiap kelompok membawa produk untuk dijual.
***
Apakah Project Based Learning itu?
Menurut Goodman dan Stivers, 2010, Project Based Learning adalah pendekatan pembelajaran yang dibangun di atas kegiatan dan tugas nyata yang memberikan tantangan bagi peserta didik yang terkait dengan kehidupan sehari-hari untuk dipecahkan secara berkelompok
Adapun tahapan dalam pembelajaran Project Based Learning adalah:
1) Menetapkan tema proyek,
2) Menetapkan konteks belajar,
3) Merencanakan aktivitas-aktivitas,