Lihat ke Halaman Asli

Yuli Anita

TERVERIFIKASI

Guru

Sudah Siapkah Kita Memasukkan E-Sport sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah?

Diperbarui: 1 Januari 2024   04:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi para atlet e-sports sedang bertanding. Sumber: Kompas.com

Beberapa anak tampak asyik dengan gawainya. Layar gawai berwarna-warni dengan beberapa tokoh yang ada didalamnya bergerak ke sana ke mari.

 Menyerang , menghindar, pasang strategi begitu terus berganti-ganti. Sesekali terdengar teriakan senang bahkan sedikit seruan gemas.

Ya, itu adalah pemandangan ketika anak- anak bermain game bersama. Ketika itu di sebuah event sebelum pandemi, sekolah kami  mengadakan lomba e-sport. 

Sesudah penyelenggaraannya, lewat beberapa diskusi ternyata ada yang pro dan kontra terhadap diadakannya lomba ini. 

Yang pro punya alasan bahwa game ini mempunyai prospek ke depan yang bagus. Game yang banyak memiliki manfaat di antaranya mengajarkan siswa berpikir cepat, adu strategi, belajar melakukan koordinasi yang baik antara mata, tangan dan otak.

Bagaimana yang kontra? Alasannya adalah game membuat anak kurang memperhatikan lingkungan sekitar. Mereka jadi tidak pandai bersosialisasi. Belum lagi jika ketagihan game, berapa banyak uang yang harus dikeluarkan? Atau membuat belajar jadi terganggu. 

Meski terjadi pro dan kontra,seiring berjalannya waktu tidak bisa dipungkiri bahwa penggemar esport semakin banyak baik di kalangan anak-anak, remaja maupun dewasa.

Statistik penggemar e-sport berdasarkan usia dan gender, sumber gambar : databoks.katadata.co.id

 Menurut laporan Newzoo yang bertajuk Global Esports & Live Streaming Market Report,  mayoritas penggemar e-sport adalah laki-laki. Dengan prosentase penggemar laki-laki adalah 66%, dan perempuan 34%.

Penggemar e-sport laki-laki laki masih terbagi menjadi  31% berusia 21-35 tahun, 18% berusia 10-20 tahun, berusia 36-50 tahun sebanyak 16%, dan yang berusia 51-65 tahun sebanyak 1%.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline