Learning is most effective when it's fun
Tulisan saya kali ini terinspirasi dari komentar Kompasianer Arnol Goleo pada artikel saya yang berjudul "Soal Cerita Matematika, Mengapa Terasa Sulit Bagi Siswa?"
Dalam komentarnya Kompasianer Arnol menceritakan bahwa semasa SMP ia tidak suka pelajaran matematika karena terasa susah. Namun anggapan itu berbeda sejak ia masuk SMA.
Mengapa?
Guru Matematika dan Kimianya semasa SMA bisa membuat suasana pembelajaran menyenangkan sehingga siswa bisa belajar dalam suasana gembira dan akhirnya menganggap matematika dan kimia bukan materi yang sulit dipelajari.
Cerita Kompasianer Arnol adalah gambaran nyata bahwa pembelajaran yang menyenangkan sangat penting dilakukan agar siswa bisa gembira dalam pembelajaran, sehingga mata pelajaran yang biasanya "menakutkan" menjadi mudah dipelajari.
Betapa banyak pengalaman yang menunjukkan bahwa siswa yang mula-mula tidak menyukai pelajaran tertentu menjadi suka karena guru bisa menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.
Sebaliknya banyak juga siswa yang mula-mula suka pada pelajaran tertentu, akhirnya menjadi bosan atau tidak suka karena suasana pembelajaran di kelas yang monoton bahkan menegangkan.
Lalu apakah pembelajaran yang menyenangkan itu?