Lihat ke Halaman Asli

Yuli Anita

TERVERIFIKASI

Guru

Soal Cerita Matematika, Mengapa Terasa Sulit bagi Siswa?

Diperbarui: 28 April 2023   02:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi pelajaran matematika. Sumber: kompas.com

Anak anak menatap layar LCD. Hari itu pada pembahasan materi Bilangan Bulat,  guru menayangkan sebuah soal cerita. Soal yang lumayan panjang daripada soal hitungan biasanya.

Soal: 

Jadwal latihan tiga tim bola voli untuk bermain di lapangan yang sama adalah: tim pertama latihan 4 hari sekali, tim kedua latihan 5 hari sekali, dan tim ketiga latihan 6 hari sekali. Jika tanggal 11 Desember 2000 ketiga tim itu mengadakan latihan bersama,  pada tanggal berapa , mereka akan latihan bersama lagi?

Beberapa siswa mulai manggut-manggut. Ada yang segera mencatat. Ada pula yang menatap LCD dengan wajah segan.  Duuh, soal cerita lagi.. pikir mereka. 

Di atas adalah ilustrasi ketika pembelajaran matematika materi Bilangan Bulat sampai di bagian akhir. 

Di materi ini siswa diajak belajar tentang berbagai operasi bilangan bulat mulai dari penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, juga tentang KPK ,FPB dan penggunaannya dalam memecahkan masalah matematika.

Ilustrasi belajar matematika, sumber gambar: Fimela

Dalam pembelajaran, siswa biasanya tidak begitu bermasalah ketika harus menyelesaikan soal-soal hitungan biasa. Contoh : 24 + (-67) = ....
                 (5x13)-275=....

Masalah akan timbul ketika pada siswa disajikan soal cerita. Menurut pengalaman saya ketika mengajar matematika di  SD maupun SMP , soal cerita adalah bagian yang paling tidak disukai siswa.

"Yah... soal cerita lagi..," itu ungkapan yang sering saya dengar dari siswa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline