Lihat ke Halaman Asli

Yuli Anita

TERVERIFIKASI

Guru

Menemukan Pola, Sebuah Strategi Pemecahan Masalah Matematika

Diperbarui: 26 Agustus 2022   06:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi belajar matematika| Sumber foto: Lum3n dari Pexels via Kompas.com

Salah satu strategi pemecahan masalah matematika adalah penemuan pola. Dalam tulisan ini akan dipaparkan tentang penggunaan penemuan pola dalam memecahkan masalah matematika, juga betapa keteraturan atau pola banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Strategi Pemecahan Masalah Matematika dengan Penemuan Pola

Dalam pembelajaran matematika tentang pola bilangan sering dijumpai soal seperti ini:

1. Pada barisan berikut, berapakah banyaknya noktah pada suku ke 50?

Sumber gambar: tangkapan layar pribadi

2. Pada barisan berikut, berapakah banyaknya noktah pada suku ke 50?3. Berapakah angka satuan dari 2^ 2000 + 3^950?

Sumber gambar: tangkapan layar pribadi

Untuk soal nomor satu dan dua biasanya ada dua cara yang dilakukan siswa untuk menjawab. Cara yang pertama adalah langsung menggunakan rumus.

Jumlah noktah yang ada di soal nomor satu menunjukkan pola bilangan segiempat.

Pola bilangan segiempat dirumuskan dengan Un = n ^2+ n. Jadi suku ke 50 adalah U50 = 50^2 + 50 = 2550

Jumlah noktah pada soal kedua menunjukkan pola bilangan segitiga yang dirumuskan dengan Un = 1/2 (n^2 + n).

Jadi banyaknya noktah pada suku ke 50 adalah U50 = 1/2 (50^2 + 50 )= 2550/2 = 1275

Ilustrasi belajar matematika, sindoNews

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline