Lihat ke Halaman Asli

Yuli Anita

TERVERIFIKASI

Guru

Learning Loss, Kurikulum Prototipe, dan Peran Guru dalam Pelaksanaannya

Diperbarui: 29 Desember 2021   09:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah.(KOMPAS.COM/HANDOUT)

Seorang siswa kelas 7 sedang mengerjakan soal di depan ibu guru. Soal berkisar pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dan pecahan sederhana. Ini adalah remidi yang kedua.

Pada saat mengerjakan soal operasi hitung bilangan bulat, semua lancar, tidak ada masalah. Tapi saat penjumlahan bilangan pecahan tiba-tiba ia berhenti agak lama.

Soal yang tertulis adalah 2/6 +1/7=

"Penyebutnya diapakan dulu?" Tanya bu guru mengingatkan.

"Oh ya Bu, disamakan," jawabnya cepat.

"Pintar, jadikan per berapa?" Tanya bu guru lagi.

Siswa diam agak lama.

"6 x 7?" Jawabnya ragu.

"Bagus...berapa 6 x 7?"

Siswa diam sambil mengeluarkan jari-jari tangannya. Bu guru langsung paham, ternyata ini penyebab nilai siswa tersebut begitu jauh di bawah KKM. Dengan dituntun dari 1x7, 2x7, 3x7 akhirnya siswa bisa menjawab berapa hasil dari 6x7.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline