Bagaimana rasanya mengajar matematika di jam terakhir?
Wah, sesuatu rasanya. Guru harus memasukkan materi yang oleh sebagian besar siswa dianggap sulit sementara siswa sendiri sudah mulai mengantuk, lelah atau bosan. Apalagi jika sebelumnya adalah pelajaran olah raga. Cocok sudah!
Ada satu trik untuk menarik perhatian siswa saat mereka tampak bosan atau lelah.
Salah satunya adalah sulap matematika. Beberapa kali sulap ini saya terapkan dan ternyata hasilnya sangat memuaskan. Siswa bisa sedikit melupakan kebosanan dan kelelahannya serta kembali fokus untuk belajar.
Sulap adalah salah satu seni pertunjukan tertua dan paling sukses yang pernah ada di dunia ini.
Sulap ada sejak abad ke 19 silam, di mana permainan ini sering dijadikan aksi untuk menghibur orang. Mulai dari acara tv, teater, hingga berbagai macam pesta.
Yang membuat sulap disukai salah satunya adalah sensasi rasa takjub yang ditimbulkan meskipun kita tahu bahwa kita sedang dibohongi.
Tapi percayalah pembaca, dalam sulap matematika ini tidak ada unsur kebohongan. Yang ada adalah trik dan ketrampilan kita menerapkan konsep matematika.
Sulap matematika yang saya tulis ini pada intinya adalah menebak angka tersembunyi dari bilangan yang terdiri dari beberapa digit.
Prinsip yang digunakan adalah ilmu bilangan yaitu keunikan bilangan kelipatan sembilan.