Lihat ke Halaman Asli

Yuli Anita

TERVERIFIKASI

Guru

Belajar dari Matematika, Rasional atau Irrasionalkah Kita?

Diperbarui: 27 Juli 2021   10:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi anak belajar matematika| Sumber: Shutterstock via edukasi.kompas.com

Pagi itu kelas saya mulai pembahasan tentang operasi bentuk akar. Operasi bentuk akar adalah sub materi Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar yang dipelajari di kelas 9 semester gasal.

Untuk mengecek pemahaman siswa tentang bentuk akar saya mulai dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan sederhana.

"Berapakah akar dari 16?"

"Empat!" jawab siswa cepat.

"Pintar, akar 100?" lanjut saya.

"Sepuluh," jawab siswa yang lain lagi. Suasana semakin hangat. Ada empat atau lima contoh lagi yang saya tanyakan dan siswa selalu menjawab dengan antusias. Namun saat pertanyaan terakhir tiba-tiba jawaban macet. Tidak ada seorangpun yang angkat tangan.

"Akar 50?" tanya saya.

Kelas langsung diam. Siswa saling menoleh.

"Tidak ada, Bu," kata Achmad.

"Ada, Achmad," jawab saya sambil tersenyum. Achmad pasti beranggapan bahwa hasilnya harus bilangan bulat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline