Lihat ke Halaman Asli

Alasan Mengapa Komunikasi Lintas Budaya Sangatlah Penting

Diperbarui: 4 April 2017   17:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Komunikasi lintas budaya adalah salah satu pelajaran yang sangat penting bagi seseorang karena jika komunikasi seseorang kurang maka bagaimana seseorang  bisa mengetahui cara berinteraksi dengan orang lain , bagaimana kebudayaan mereka dan adat istiadat mereka dan seseorang juga dapat belajar bagaiamana berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang lain lebih baik, mengingat kembali esesiensi komunikasi manusia komunikasi itu proses dinamika,komunikasi itu symbol, komunikasi juga bagian dari sebuah sistem besar seperti setting,lokasi,acara,waktu dan jumlah yang terlibat. Komunikasi juga dapat meningkatkan pembuatan/pengertian rujukan pelakunya, komunikasi  juga sebagai refleksi ,selalu mempunyai konsekuensi dan kompleks.

Alasan mempelajari komunikasi lintas budaya menurut Litvin (1977),litvin menjelaskan bahwa dunia sedang menyusut dan kapasitas untuk memahami keanekaragaman budaya sangat diperlukan , semua budaya berfungsi dan penting bagi pengalaman anggota-anggota budaya tersebut meskipun nilai-nilainya berbeda, niali-nilai setiap masyarakat se”baik” nilai-nilai masyarakata lainnya, setiap individu dan/atau budaya berhak menggunakan nilainya sendiri, pemahaman atas nilai-nilai budaya sendiri merupakan prasyarat untuk mengidentifikasi dan memahami nilai-nilai budaya lain dengan mengatasi hambatan-hambatan budaya untuk berhubungan dengan orang lain ,memperoleh pemahaman dan penghargaan bagi kebutuhan, aspirasi ,perasaan, dan masalah manusia. 

Pemahaman atas orang lain secara lintas budaya dan antar pribadi adalah suatu usaha yang memerlukan keberanian dan kepekaan .keterampilan-keterampilan komunikasi yang diperoleh memudahkan perpindahan seseorang dari pandangan yang monokultural terhadap interaksi manusia kepandang monikultural. Perbedaa-perbedaan budaya menandakan kebutuhan akan penerimaan dalam komunikasi, namun perbedaan-perbedaan tersebut arbitrer tidaklah menyusahkan atau memudahkan, situasi-situasi komunikasi antarbudaya tidaklah statik dan buka pula stereotip. 

Karena, seorang komunikator tidak dapat dilatih untuk mengatasi situasi dalam konteks ini kepekaan, pengetahuan dan keterampilannya bisa membuat siap untuk berperan serta dalam menciptakan lingkungan komunikasi yang efektif dan saling memuaskan.

Itulah mengapa komunikasi lintas budaya sangat penting bagi seseorang untuk membantu mengetahui apa yang tidak pernah mereka ketahui. karena, tanpa adanya pengetahuan tentang komunikasi lintas budaya seseorang sangat sulit berinteraksi dan bekerjasama memahami apa keinginan dan maksud tujuan orang lain.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline