Lihat ke Halaman Asli

Yuki Resmisari

Pelajar SMAN 1 PADALARANG

Hujatan Berujung Maut

Diperbarui: 10 November 2019   21:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sulli seorang penyanyi, penari, dan aktris yang bergabung dengan F(x) salah satu Girl Band Korea dibawah label SM Entertainment. Sulli lahir pada tanggal 29 Maret 1994 di Busan, Korea Selatan. Di usia yang masih terbilang muda, Sulli, telah mengambil jalan hidup yang paling mengenaskan. Dia mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri pada tanggal 14 Oktober 2019. Mengapa ia melakukan ini? Pembullyan.

Ya, kabar meninggalnya Sulli membuat K-popers sangat kaget. Banyak media yang mengatakan bahwa kasus meninggalnya Sulli adalah hoax, tapi setelah ditelusuri lebih lanjut ternyata memang benar, ia meninggal gantung diri di apartemennya. Ia memilih mengakhiri hidupnya dikarenakan depresi berat yang dialaminya.

Karena mulut netizen Korea yang sangat bringas, membuat mental sulli sangat down. Sebelum gantung diri, Sulli sempat live di instagram pribadi miliknya pada malam hari, dan ia berkata "Saya bukan orang jahat. Mengapa kalian berbicara buruk tentang saya? Katakan satu hal yang saya lakukan untuk layak menerima perlakuan ini" ucapnya. Terlihat dari perkataan Sulli tersebut bahwa ia mengalami depresi yang sangat berat dan membutuhkan semangat serta kasih sayang.

Komentar netizen yang dilontarkan kepada Sulli diantaranya mengatakan bahwa ia terlihat jelek, netizen juga menghina badannya karena tidak ada lekuk tubuh sama sekali. Komentar jahat netizen tentang body shaming atau menghina bentuk fisik membuat Sulli menjadi depresi.

Menurut saya, ini adalah salah satu akibat tidak bijak menggunakan media sosial. Boleh memiliki rasa tidak suka, asalkan jangan sampai merugikan orang lain. Jika ada masalah sebaiknya ceritakan saja pada orang orang terdekat, karena masalah apapun itu jika dipendam sendiri akan terasa sangat berat.

Namun bagaimana lagi? Nasi sudah menjadi bubur, kini Sulli sudah meninggal dan tidak ada lagi yang bisa kita lakukan selain mendo'akannya. Pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah meninggalnya aktris cantik ini adalah, janganlah menghina fisik seseorang, bijaklah menggunakan sosial media, dan jika ada masalah ceritakan kepada siapapun itu orang yang kamu percaya dan jangan lupa selalu berdo'a pada Tuhanmu!
#RIPSulli #StopBodyShaming




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline