Lihat ke Halaman Asli

Yuke Mariana

TK PGRI I KEPANJEN MALANG

Pengenalan Konsep Bilangan pada Anak Usia Dini Melalui Media Stik Es Krim

Diperbarui: 2 Desember 2022   23:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Dokpri

Anak usia dini adalah sosok individu yang sedang menjalani proses perkembangan yang sangat penting bagi kehidupan selanjutnya. Di usia ini proses pertumbuhan dan perkembangan dalam berbagai aspek sedang mengalami masa yang cepat dalam rentang kehidupan manusia. Adapun aspek perkembangan pada anak usia dini di antaranya adalah perkembangan kognitif atau kecerdasan. 

Perkembangan kognitif berkaitan dengan kemampuan intelegensi seseorang. Hal ini merupakan satu tantangan bagi kami tim pengajar di lembaga pendidikan anak usia dini, untuk senantiasa berupaya dan berinovasi untuk dapat menyajikan satu pembelajaran yang mampu mengembangkan aspek kognitif pada peserta didik secara optimal dan menyenangkan tentunya.

Bilangan perlu diperkenalkan sejak awal pada anak usia dini terutama pada anak usia 4-6 tahun (Pra sekolah) untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak agar memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan lebih lanjut. 

Memperkenalkan bilangan pada perkembangan anak usia dini seyogyanya dilakukan melalui aktivitas bermain dalam kehidupan sehari-hari dan bersifat alamiah. Melalui bermain anak merasa senang, Nyaman dan anak akan belajar tentang kehidupan, melatih keberanian sehingga menumbuhkan rasa kepercayaan diri, serta belajar menghargai teman sesamanya.

Menurut Ramaini (2014:121) mengatakan konsep bilangan adalah himpunan benda-benda atau angka yang dapat memberikan sebuah pengertian. Pengenalan konsep bilangan pada anak usia dini cukup penting karena ketika anak sudah mengenal konsep bilangan anak akan mampu memecahkan masalah dan membangun pengetahuan mengenai konsep matematika. 

Adapun potensi yang harus dikembangkan pada diri anak usia dini tersebut ada enam aspek dan salah satunya adalah aspek kognitif. Aspek kognitif yang seharusnya dimiliki oleh anak usia dini dalam bidang matematika adalah menyebut atau menunjuk urutan bilangan dari 1 -- 10, membilang (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda dan menghubungkan konsep bilangan dengan lambang bilangan).

Dokpri

Untuk menanamkan penguasaan mengenal konsep bilangan kepada anak usia taman kanak-kanak dengan cara yang menarik dan konkret, penulis menggunakan media pembelajaran yang menarik untuk mengenal konsep bilangan 1-20 pada anak kelompok B di TK PGRI I KEPANJEN MALANG. Dengan menggunakan media stik ice cream ini diharapkan kemampuan anak dalam mengenal angka dapat meningkat dan perkembangan kemampuan kognitif anak dapat berkembang.

Maka dari itu guru sebagai pendidik dan fasilitator pembelajaran disekolah harus lebih berinovasi dan berkreasi dalam pengembangan media-media pembelajaran, agar anak lebih mendapatkan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan menyenangkan dan aspek-aspek perkembangan pada anak dapat berkembang dengan baik. Serta perlunya kerjasama dengan orang tua dirumah untuk peningkatkan perkembangan yang berkelanjutan.

Penulis : YUKE MARIANA _TK PGRI I KEPANJEN MALANG

     

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline