Lihat ke Halaman Asli

5 Tips Seru untuk Road Trip

Diperbarui: 24 Juni 2015   11:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dari yang menempuh perjalanan darat menggunakan mobil ke berbagai destinasi, berkereta ekonomi yang pengap bareng komunitas sepakbola atau yang sekadar menikmati akhir pekan misalnya wisata pulau tidung, ataupun short trip yang sengaja ingin menikmati snorkelling. Dari beberapa road trip yang saya lakukan, ada banyak pengalaman yang saya petik beberapa tips yang mungkin bisa kamu pakai untuk perjalanan road trip idaman. Ingat, inti dari perjalanan ini adalah kebersamaan.

1. Tentukan Destinasi


Pilih destinasi dengan bijaksana, mempertimbangkan efisiensi waktu dan biaya. RoadTrip via jalan darat memang menyenangkan, tapi sebaiknya jangan yang terlalu lama dijalan. Dari satu destinasi ke destinasi lainnya setidaknya kamu cukup menghabiskan satu hari dalam perjalanan, soal perjalanan pulang tentu bisa dikalkulasikan sendiri kan!. Beberapa alternatif yang dapat saya usulkan disini misalnya Pelabuhan Ratu, Yogyakarta – Solo – Magelang – Semarang serta Lampung.

2. Tentukan jumlah peserta road trip


the more the merrier” tidak sepenuhnya berlaku dalam road trip. Sesuaikan kapasitas mobil yang akan digunakan dengan jumlah orang yang ikut road trip. Jumlah peserta tentu akan berlaku untuk yang membawa kendaraan sendiri, rental mobil, ataupun jika nantinya diperlukan untuk patungan sewa tempat menginap. Semakin banyak biasanya juga berarti semakin ngak perlu bawa duit lebih tapi terlalu banyak peserta juga bukan berarti lebih seru. So, the more (is not always) the merrier

3. Kelola dana road trip bersama


Berhubungan dengan point kedua, Ada beberapa komponen biaya yang akan ditanggung bersama, diantaranya adalah bensin, tol, penginapan, tiket masuk rekreasi, ataupun biaya guide jika kamu ngak terbiasa berkenalan dengan orang lokal, terakhir serta pengeluaran tak terduga lainnya. Sebelum berangkat, pastikan estimasi biaya yang harus ditanggung bersama dan bagi secara rata dan jangan lupa untuk melakukan reservasi yang dibutuhkan. Kelola dana secara transparan dan bagi dia yang diserahkan tanggung jawab memegang dana bersama beritahukan segera bila ada kekurangan.

4. Periksa kondisi kendaraan sebelum melakukan road trip


Untuk yang menggunakan kendaraan pribadi atau sewa, jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi kendaraan. Mulai dari kondisi ban, mesin, pendingin udara, hingga yang juga tidak kalah penting adalah kelengkapan surat-surat kendaraan. Pastikan keadaannya layak demi kenyamanan selama perjalanan, udah siap? Tarik!.

5. Persiapkan MP3 dan CD favorit


Traveler mana yang ngak suka musik, ngak yang berat berat sih asal asik buat dibawa jalan. Makanya musik adalah teman perjalanan yang sangat penting. Pastikan setiap peserta membawa CD dan iPod masing-masing, serta tidak lupa kabel penghubung gadget, dengan radio mobil terakhir power bank. Satu hal yang harus diingat, setiap peserta pasti memiliki selera lagunya masing-masing. Belajarlah bertoleransi dan hargai selera teman kamu.

Gampil kan, ada yang mau menambahkan? silahkan lho..




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline