Lihat ke Halaman Asli

Terbebasnya Mosul dan Pelajaran Bagi Indonesia

Diperbarui: 14 Juli 2017   09:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

cnn.com

10 Juni 2017.

Pasukan keamanan Irak memasuki kota Mosul yang sebelumnya diduduki oleh militan ISIS selama 3 tahun. Perdana Menteri Irak, Haider Al-Abadi, menyatakan bahwa kemenangan ini adalah "kemenangan besar bagi para tentara dan rakyat Irak". Ini adalah kemajuan besar bagi tentara Irak mengingat pada tahun 2014 ketika militan ISIS datang merebut Mosul, tentara ini adalah tentara yang melarikan diri dan menyerahkan Mosul begitu saja.

Sulit dibayangkan beberapa tahun yang lalu bahwa Mosul akan kembali ke pelukan pemerintah Irak dengan angkatan bersenjata yang ketakutan di hadapan musuh.

4 November 2016. Auburn, WA. 11:00 PM PST

Saya sedang berada di apartemen teman sesama mahasiswa Indonesia. Seperti banyak mahasiswa kebanyakan, kami bersenda gurau, membicarakan hari yang telah kami lewati lengkap dengan keluh kesah dan gundah gulana-nya. Semua tertawa dan gembira sampai teman saya memasang YouTube dan membuka live-streamingdari kalan CNN Indonesia.

Terpaku padangan kami. Terdiam semua lisan.

Jakarta, kota yang kami kenal dan rumah bagi sebagian besar dari kami tertutupi lautan manusia dengan pakaian putihnya. Kami memang mengetahui akan adanya aksi "besar-besaran" yang akan diadakan di ibu kota. Tapi aksi pada hari itu jauh dari apa yang terbayang di benak kami. Datangnya demonstran dari seluruh pelosok Jawa hingga Sumatra, mengubah perspektif kami secara keseluruhan tentang demonstrasi ini. Rasa takut akan Indonesia yang termakan faham fundamentalis, perlahan memasuki hati dan sanubari.

Sebagai mahasiswa yang di-didik dengan budaya toleransi dan penolakan terhadap pemahaman dogmatis, kami termenung berpikir: Pidato apa, uang sebesar apa, kejahatan sekeji apa, yang bisa menggerakan massa dari berbagai daerah untuk berkumpul di satu tempat, membela hal yang mungkin mereka sendiri tidak tahu permasalahannya. Bermodal pesan berantai bahwa keyakinannya telah ternodai, terkobar-lah amarah mereka.

Sebagai mahasiswa / mahasiswi, kita dibina dan dididik oleh tanggung jawab akademis kita masing-masing untuk menolak pemahaman tanpa alasan dan mempertanyakan segala doktrin dan pemikiran mereka yang datang lebih dahulu dari kita. Itulah mengapa kita mendapat tambahan titel "maha" di depan kata "siswa"; Kita tidak lagi menerima, kita mengolah dan merevisi pemikiran-pemikiran sebelumnya.

Ironisnya, demi mengejar angka semata, tanggung jawab akademis seorang mahasiswa yang didesain untuk mempertajam pikiran dan akal, menjadi sebuah keharusan dan keterpaksaan bagi sebagian dari kita. Hasilnya? Mahasiswa Indonesia lulus dengan nilai-nilai yang tidak menggambarkan kemampuan mereka, dan pemahaman irrasional beserta doktrin-doktrinnya menyusup masuk ke dalam sendi-sendi perkuliahan, tempat dimana seharusnya mereka menjadi musuh utama kaum intelektual.

Tim Krieger dari University of Freiburg, Jerman. Pada esainya menyatakan bahwa semakin tinggi tingkat edukasi seseorang, semakin kecil kemungkinan mereka untuk disusupi faham terorisme. Jika kita bandingkan dengan Irak hari ini, Irak pada zaman Saddam Hussein adalah Irak dengan pendidikan yang inklusif, tempat dimana semua orang diberi akses ke pendidikan yang layak.  Penelitian dari Brown University, A.S, menggambarkan bagaimana model pendidikan tersebut menghasilkan negara yang sekuler, toleran, dan terbuka pada ilmu pengetahuan dan teknologi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline