Lihat ke Halaman Asli

Yuhaniz Aqila

Mahasiswa

Petualangan Menelusuri Sejarah dan Keunikan Kota Yogyakarta

Diperbarui: 16 November 2023   17:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Britannica

Pada tanggal 8 November 2023 Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus di Purwakarta memulai petualangannya ke kota Istimewa di Jawa Tengah yaitu Yogyakarta yang merupakan kota istimewa, Setiap sudut kota ini menyimpan kenangan indah yang tak terlupakan. Dari mulai oleh-oleh yang beragam, hingga jajanan khas yang menggugah selera, selain itu kota ini juga di kenal sebagai kota pelajar, karena keberadaan kampus-kampus terkemuka yang ada di sana, banyak sekali mahasiswa dari berbagai daerah yang datang untuk menimba ilmu. Yogyakarta menyajikan pengalaman yang unik dan sangat berkesan bagi setiap pengunjung, khususnya mahasiswa baru yang ingin terus belajar. 

Perjalanan ini telah membawa para mahasiswa baru melalui serangkaian pengalaman yang mengagumkan, Banyak tempat-tempat bersejarah yang kami kunjungi,  mulai dari Masjid Al-Aqsa Klaten yang megah, kampus  UNY yang sangat menginspirasi, Candi Prambanan yang terkenal akan sejarah dan keindahannya, pantai Parangtritis yang menyejukkan, Malioboro dengan pesonanya di malam hari, dan wisata Lava tour yang menyajikan kisah-kisah berharga seperti  yang ada di Museum sisa hartaku, setiap momen di kota ini memberikan kenangan tak terlupakan. 

Masjid Agung Klaten

Gambar 1: Solopos.com

Tempat bersejarah pertama yang kami kunjungi adalah Masjid Al-Aqsa Klaten, yang berlokasi di pinggir utama jalan Solo dan Yogya, Masjid Al-Aqsa Klaten memiliki arsitektur yang khas serta bangunan yang megah sehingga membuat kami takjub. Dilansir dari laman khazanahmasjid.com, Sabtu (10/9/2022), Masjid Al Aqsha dibangun tahun 2012 di atas lahan seluas 5.266 meter persegi. Masjid dibangun di era Sunarna selaku Bupati Klaten.Masjid dibangun kurang lebih empat tahun, dari tahun 2012-2015 dengan biaya Rp 60 miliar bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Klaten. Sunarna sebagai bupati saat itu meresmikan Masjid Al Aqsha, 24 November 2015.

Universitas Negri Yogyakarta (UNY)

Gambar 2: Kunjungan UPI Purwakarta ke UNY

Yogyakarta merupakan rumah kampus-kampus ternama di Indonesia, salah satu kampus yang kami kunjungi adalah UNY, UPI Kampus Purwakarta mengadakan Kerjasama dengan UNY, kedua universitas ini mengadakan diskusi yang melibatkan dosen dan makasiswa dari jurusan Pendidikan Guru sekolah dasar (PGSD) untuk bertukar pikiran mengenai inovasi pengembangan pembelajaran yang akan di lakukan oleh kedua kampus tersebut.

Pantai Parangtritis

Gambar 3: Pantai Parangtritis

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline