MENYUSUN CERITA PRAKTIK BAIK (BEST PRACTICE) MENGGUNAKAN METODE STAR (SITUASI, TANTANGAN, AKSI, REFLEKSI HASIL DAN DAMPAK) TERKAIT PENGALAMAN MENGATASI PERMASALAHAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN
NAMA : Yugo Hermawan Prasetyo
SMA Negeri 1 Sampang Kabupaten Cilacap
Tujuan yang hendak dicapai :
Meningkatkan keaktifan dalam mengungkapkan pendapat dalam pembelajaran model project based learning dengan strategi TS TS (two stay two stray) pada materi gotong royong.
SITUASI:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Siswa kurang aktif dalam mengungkapkan pendapatnya dalam mengkritik pengaruh keanggotaan kelompok lokal, regional, nasional, dan global terhadap pembentukan identitas dengan teliti . Hal ini terjadi disebabkan beberapa hal:
Siswa kurang percaya diri karena merasa takut salah dan belum terbiasa mengungkapkan pendapat kepada orang lain.
Pembelajaran kurang inovatif sehingga pembelajaran yang diterapkan monoton.
Model dan strategi pembelajaran yang digunakan kurang tepat. Berdasarkan permasalahan di atas, praktik baik (Best Practice) perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran dengan menggunakan model dan strategi yang tepat sehingga pembelajaran inovatif dapat tercapai dengan baik.