Lihat ke Halaman Asli

Yufa Indrawan T

Petani Muda

Banjir dan Kebakaran Hutan Masih Menjadi Momok di Indonesia

Diperbarui: 4 Februari 2020   10:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Banjir dan Kebakaran Hutan sekarang menjadi langganan di setiap musimnya. Disetiap musim seperti penghujan di Indonesia banyak sekali daerah-daerah yang berdampak banjir. Banjir dsebabkan oleh kurang pedulinya warga terhadap pengelolaan sampah dibuktikan masih banyaknya masyarakat Indoneaia yang membuang sampah sembarangan ini menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya banjir. Badan pusat statistik (2019) mencatat bahwa Indonesia menghasilkan sampah 64 juta ton pertahun diantaranya 32 juta ton merupakan sampah plastik, dan yang sudah menjadi budaya yaitu kurang pedulinya masyarakat terhadap lingkungan dengan membuang sampah-sampah dipinggir jalan maupun sungai yang secara tidak langsung bisa menghambat dari laju air sungai dan menyebabkan banjir. 

Selain banjir di Indonesia juga masih sering terjadi kebakaran hutan dimusim kemarau. Kebakaran hutan ini disebabkan oleh pembukaan lahan secara berlebihan kemudian dibakar. Dampak dari kebakaran hutan yaitu adalah polusi udara dan kabut asap. Secara langsung kabut asap bisa menganggu kesehatan masyarakat tetapi para pembuka lahan kurang memperhatikannya. Kebakaran hutan pada tahun 2019 cukup tinggi dari titik-titik daerah, terbanyak dari daerah kalimantan dan sumatra. Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana tercatat sepanjang tahun 2019 kebakaran hutan mencapai  328.724 hektar. Maka penting sekali kita sebagai warga negara yang baik kita harus merawat kekayaan yang ada supaya alam tetap terjaga.

Banjir dan Kebakaran Hutan seakan-akan menjadi langganan di setiap musinnya dan dampaknya dari tahun tahun semakin parah dan meluas dimana-mana. Hal ini menjadi catatan penting bagi pemerintahan saat ini agar peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang pengelolaan sampah dan pembakaran hutan harus dipertegas supaya tidak terulang kembali, terutama untuk masyarakat perkotaan maupun pedesaan harus dikasih tahu. Dalam hal ini pemerintah dan kita sebagai masyarakat terpelajar memiliki peran yang strategis buat melakukan penyuluhan tentang bahaya sampah plastik terhadap lingkungan.

Untuk kebakaran hutan diharapkan pemerintah tidak tebang pilih terhadap perusahaan yang melakukan pembukaan lahan dan yang sengaja  membakara hutan. Peraturan harus diperketat lagi karena peraturan saat ini kurang memberi efek jera kepada perusahan. Ya memang dengan membakar bisa menghemat pengeluaran tetapi dampak langsung terhadap lingkungan juga sangat besar, tidak hanya masyarakat sekitar yang dirugikan bahkan sampai ke negara tetangga ikut terkena dampak dari kabut asap.

Maka dari sini mari kita belajar dan peduli terhadap lingkungan. Karena apabila kita bersahabat dengan lingkungan maka akan terjadi keseimbangan. Banjir dan Kebakaran Hutan bisa ditekan sehingga kita bisa hidup damai. 

Sebagai generasi milenial harus ditanamkan rasa cinta terhadap lingkungan karena kalu bukan kita yang merawat siapa lagi yang mau mengajarkan kepada anak dan cucu kita nanti. 

Ya memulai dari hal yang kecil dari kita membuang sampah pada tempatnya jangan malah kita membuangnya sembarangan dan memulai untuk menanam pohon walaupun hanya satu ini merupakan pembelajaran moral untuk kita selalu cinta lingkungan sehingga banjir dan Kebakaran lahan tidak terulang lagi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline