Kesalahan Dalam Digital Marketing yang Sering Dilakukan
Hampir setiap hari mendapat Chat WA atau Telpon yang menawarkan produk atau jasa dari berbagai perusahaan. Ada juga yang minta sumbangan.
Tapi ada satu Hal yang sangat Mengganjal. Mereka, para telemarketer yang punya database konsumen itu hanya menyebarkan broadcast (BC) blast, pesan ke setiap calon konsumen seperti pada jaman Blackberry tempo dulu secara membabi buta. Tak peduli bagaimana sikap dan penerimaan terhada pesan itu di seberang sana. Sekali kirim ke banyak contact.
1. Memperlakukan Calon Konsumen Seolah Robot Tak Punya Hati
Seolah-olah calon konsumen di seberang sana robot, dan bukan manusia, padahal mereka mengharapkan timbal baliknya.
Perlu disapa dan basa-basi sekedarnya terlebih dahulu, Apa kabar Bapak, Apa kabar ibu hari ini, minta ijin untuk mengirimkan pesan penawaran.
Berhentilah memperlakukan calon konsumen seperti itu. Kita manusia, dan bukannya robot. yang tak punya hati dan perasaan.
2. Tak Minta Ijin Memasukkan ke Grup
Kesalahan lain dalam memasukkan ke dalam grup Whatsapp/WA, tanpa minta ijin terlebih dahulu, atau mengirimkan link tautan undangan masuk grup, sehingga teman chat bisa memilih dan menentukan sendiri apakah akan Join atau bergabung, atau mengabaikannya saja.
Memasukkan Contact ke dalam satu grup, atau daftar Broadcast yang dianggapnya penting menurutnya adalah satu kesalahan dan kelancangan.
Tanpa keijinan atau kerelaan orang yang bersangkutan, bisa berakibat fatal - pemblokiran terhadap usaha pemasaran yang akan dijalankan.
Itulah sekelumit kisah dan tips, di sore hari yang dingin ini. Dimana hujang menyiram bumi seperti tumpah air dari langit. Salam Hangat dan semoga senantiasa sehat dan dalam lindungan Tuhan hendaknya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H