Lihat ke Halaman Asli

Yudistira WahyuHidayat

Mahasiswa Universitas Tidar

Empat Wisata Bahari Cilacap yang Wajib Dikunjungi Saat Akhir Pekan

Diperbarui: 18 November 2022   16:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Kabupaten Cilacap memiliki banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika hari libur tiba. Wisata Pantai yang cukup menawan dan wisata perbukitannya yang indah bisa menjadi tempat untuk melepas semua rasa penat satu minggu kerja maupun sekolah. Berikut 4 tempat wisata yang ada di Cilacap yang bisa dikunjungi dikala hari libur tiba.

  • Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu merupakan wisata pantai yang terdapat di selatan kota Cilacap yang sudah menjadi wisata andalan masyarakat saat liburan tiba. Pesonanya yang memikat hati wisatawan karena memiliki view landscape yang menarik.

Kapal-kapal besar pengangkut minyak maupun batubara dan pemandangan bukit Nusakambangan merupakan pemandangan khas dari wisata ini. Kemudian garis pantai yang membentang pun sangat eksotis dan asyik sebagai tempat bermain anak-anak dan orang dewasa.

Harga tiket masuknya ialah hanya sebesar Rp10.000 saja per orang dan parkir motor Rp2.000 saja, sangat murah sekali bukan? Jadi tidak salah lagi berkunjung ke Wisata Teluk Penyu pada akhir pekan memang sangat tepat untuk menghilangkan stress dan melepas rasa lelah.

  • Pantai Sodong

Selain pantai teluk penyu, Kabupaten Cilacap juga mempunyai pantai yang tidak kalah keren yakni Pantai Sodong. Sebuah pantai yang tersembunyi di balik perbukitan Selok (Gunung Srandil) tepatnya di Kecamatan Adioala ini memiliki pemandangan yang cukup menawan ditambah view tebing batu yang ada di Perbukitan Selok membuat para pengunjung takjub dengan keindahan wisatanya.

Selain suasana pantai yang dikelilingi tebing, pantai sodong juga ditumbuhi pohon cemara sepanjang pantainya yang indah sehingga membuat orang yang berwisata disana ingin berlama-lama karena tempatnya cukup rindang untuk bersantai di bawah pohon cemara.

Waktu yang cocok untuk mengunjungi tempat wisata Pantai Sodong saat pagi hari dan sore hari. Di waktu pagi hari jika berkunjung ke Pantai Sodong akan dimanjakan oleh matahari terbit di ufuk timur sedangkan diwaktu sore hari pengunjung akan disuguhkan dengan sunset di atas bukit selok. Adapun tiket masuk ke wisata Pantai Sodong yakni dengan harga Rp5000.00 per orang.

  • Pantai Pasir Putih Nusakambangan

Wisata Pantai Pasir Putih merupakan wisata pantai yang paling indah di Kabupaten Cilacap yang berlokasi di pulau Nusakambangan. Untuk menuju kesana membutuhkan waktu sekitar 15 menitan dari pusat Kota Cilacap. Perjalanan menuju wisata tersebut harus menyeberang dahulu dengan menaiki perahu milik nelayan yang dengan biaya sewa Rp 15 ribu dari Pantai Teluk Penyu. 

Sesampainya di bibir pantai Nusakambangan kita langsung di sajikan dengan pemandangan alam dari hutan yang masih asri nan lebat, pantai pasir putih yang menawan dengan hewan-hewan kecil penghuni pantai dan suasana pulau yang sunyi.

Tidak hanya wisata pantai, di pulai Nusakambangan juga terdapat tempat-tempat peninggalan sejarah pada saat penjajahan seperti bekas benteng pertahanan belanda dan goa alami. Teriknya matahari tidak akan terasa dengan angin sepoi-sepoi dan rindangnya pepohonan. 

Selain itu, wisata tersebut juga sangat cocok untuk para kalangan yang menyukai swafoto karena tempatnya yang sangat indah dan cocok untuk menjadi tempat foto dengan pemandangan pasir putih dan perbukitan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline