Lihat ke Halaman Asli

Yudistira

Karyawan swasta, blogger, traveller, anak muda

Memperingati 110 Tahun Kebangkitan Nasional dan 20 Tahun Reformasi serta 90 Tahun Sumpah Pemuda

Diperbarui: 22 Mei 2018   12:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.kemenkumham.go.id

Hari ini adalah hari yang menarik, karena dalam sejarah Bangsa Indonesia, kita memperingati 20 tahun Gerakan Reformasi sejak tahun 1998. Tanggal 20 Mei ini juga setiap tahunnya kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional yaitu hari dimana ada peristiwa penting yaitu berdirinya Boedi Oetomo (20 Mei 1908) sebuah organisasi pemuda yang didirikan oleh Dr.Soetomo dan para mahasiswa STOVIA yaitu Goenawan Mangoenkoesoemo dan Soeraji. Ini adalah organisasi pertama yang memiliki gagasan kesadaran  berbangsa dan bertanah air dan bercita-cita menuju kemerdekaan Indonesia.

Sejak tahun 1908 hingga tahun 2018, total sudah 110 tahun kesadaran kita sebagai satu bangsa yakni Bangsa Indonesia. Pertanyaannya adalah apakah tujuan kita sebagai bangsa Indonesia sudah tercapai? Apa itu tujuannya?

Tujuan utama Bangsa Indonesia ini tertuang dalam pembukaan UUD 1945. Mari kita lihat kembali Isinya :

"Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan."

"Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur."

"Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya."

"Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial...."

Tujuannya dapat kita rumuskan adalah :    

-Rakyat Merdeka, bersatu, Berdaulat, Adil dan Makmur    

-Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia   

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline