Lihat ke Halaman Asli

Melihat Pertemuan Damai Rusia-Ukraina di Istana Dolmabahce Turki

Diperbarui: 19 April 2022   16:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 Presiden Turki Erdogan di Istana Dolmabahce berbicara tentang perdamaian dengan negosiator Rusia dan Ukraina di Istanbul, Turki, Foto : Reuter.

Menarik untuk melihat, seperti apa pertemuan tim perunding Ukraina dan Rusia untuk perdamaian kedua negara di Istana Dolmabahce.

 Pertemuan itu diadakan di Turki yang merupakan negara anggota NATO tapi mengambil sikap agak berseberangan dengan anggota lain.

Istana Dolmabahce   tempat pertemuan tersebut adalah istana yang sangat  indah dan terbesar di Turki. Terletak di selat Bosporus di ibu kota Istanbul.

Istana  Kekaisaran Ottoman dari tahun 1856 hingga 1887 dan dari tahun 1909 hingga 1922.

Istana itu dibangun dengan biaya lima juta lira emas Ottoman atau setara dengan £1,5 miliar hari ini. Istana Dolmache adalah rumah bagi enam sultan dan pada tahun 1924  jatuh ke tangan Republik Turki yang baru.

Pendiri Turki modern, Kemal Ataturk, menggunakannya sebagai istana tempat tinggal musim panasnya dan dia meninggal di sana pada tahun 1938.

Kini dalam sejarahnya adalah tempat untuk pembicaraan damai penting antara Rusia dan Ukraina dalam upaya untuk mewujudkan gencatan senjata.

 Presiden Erdogan mengatakan, “Kita sekarang telah memasuki periode di mana hasil konkrit harus diperoleh dari pembicaraan. Ada kabar baik dari Anda yang bersetuju untuk bertemu,” pidato Erdogan  

Oligarki Rusia Abramovich juga tampak menghadiri pembicaraan tersebut bulan Maret.

Pesawat pribadi yang membawa delegasi Rusia  mendarat di Bandara Atatürk pukul 16.00 kemarin. Delegasi Rusia kemudian melanjutkan perjalanan ke hotel tempat mereka akan menginap.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline