Lihat ke Halaman Asli

Syahbaz Terpilih PM Pakistan Baru, Modi Ucapkan Selamat

Diperbarui: 12 April 2022   05:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 Shahbaz Sharif dilantik sebagai P.M .baru  Pakistan.  Foto : amp.dw.com

Perdana Menteri Narendra Modi dengan cepat  mengucapkan selamat kepada Perdana Menteri Pakistan yang baru terpilih hari ini tanggal 11 April 2022 Syahbaz Sharif.

 "India menginginkan perdamaian dan stabilitas di kawasan bebas teror, sehingga kita dapat fokus pada tantangan pembangunan kita dan kesejahteraan dan kemakmuran orang-orang kita," ujar Narendra.

 Iya, Pakistan dengan suara bulat telah memilih Shahbaz Sharif menjadi perdana menteri baru setelah PM sebelumnya lengser karena mosi tidak percaya dari Parlemen Pakistan.

Shahbaz Sharif adalah  pemimpin koalisi pelangi partai-partai oposisi yang menggulingkan Imran Khan.

Dia adalah adik dari mantan Perdana Menteri tiga kali berturut turut Nawaz Sharif. Ia  sebelumnya menjabat sebagai Ketua Menteri Punjab Pakistan tiga kali  yaitu tahun 1997, 2008 dan 2013.

Shahbaz disebut sebut, bagian dari dinasti Amir Sharif yang condong ke Cina dalam proyek-proyek yang didanai oleh Beijing.

Lahir di Lahore dari keluarga industri kaya dan dididik secara lokal. Dia kemudian memasuki bisnis keluarga dan bersama-sama memiliki perusahaan baja Pakistan.

Memasuki politik di Punjab, menjadi menteri utamanya untuk pertama kalinya pada tahun 1997.

Terperangkap dalam kekacauan politik dan dipenjarakan setelah kudeta militer. Dia kemudian dikirim ke pengasingan di Arab Saudi pada tahun 2000. Krisis Politik Pakistan Pembaruan Langsung Shahbaz kembali dari pengasingan di Punjab pada 2007 untuk melanjutkan karir politiknya.

 Ia memasuki kancah politik nasional saat menjadi ketua partai Liga Muslim Pakistan-Nawaz  pada tahun 2017 .

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline