Lihat ke Halaman Asli

Yudi Rahardjo

TERVERIFIKASI

Engineer, Marketer and Story Teller

Tidak Semua Perusahaan Baru Bisa Disebut Startup

Diperbarui: 4 Januari 2023   12:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Startup | Sumber: pexels.com

Startup = Perusahaan Rintisan.

Secara pengertian memang startup adalah perusahaan rintisan (baru memulai) namun tidak semua bisnis atau perusahaan baru bisa disebut startup, hanya karena Anda bekerja pada sebuah perusahaan yang masih baru berdiri lantas perusahaan tersebut dinamakan startup. 

Startup juga bukan melulu mengenai hal-hal yang berkaitan dengan dunia digital seperti Gojek, Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya. 

Artikel singkat ini akan mencoba lebih mendefinisikan arti startup dibanding perusahaan-perusahaan yang sudah existing dan stable (corporate) juga yang membedakan antara startup dengan small bussines (UMKM). 

Menurut Steve Blanks pengertian startup adalah hasil karya manusia berupa produk atau layanan baru, dalam kondisi sangat tidak stabil dan tidak bergantung pada skala perusahaanya, bisnis dan sektor industrinya. 

Menawarkan Kebaruan. 

Innovasi ilustrasi | source : pexels.com

Unsur yang harus dimiliki startup adalah “kebaruan”, jadi tidak hanya dalam hal digital, namun juga dalam berbagai lini teknologi, kebaruan yang diciptakan ini yang kemudian harus dilakukan validasi di pasar apakah bisa diterima atau tidak. 

Kebaruan ini juga tidak harus sebuah inovasi teknologi yang sebelumnya belum ada sama sekali, sebagai contoh apa yang dilakukan Gojek di awalnya adalah sama seperti Taxi, yang harus ditelepon untuk mencari lokasi terdekat, kebaruan yang ditampilkan adalah alih-alih menggunakan mobil, Gojek menggunakan motor. 

Meskipun ada kebaruan atau inovasi, namun hal tersebut masih berada dalam pakem yang ada, karena jika yang dibuat adalah inovasi yang benar-benar di luar pakem, bisa jadi produk tersebut akan susah untuk dijual dan digunakan oleh konsumen. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline