Lihat ke Halaman Asli

Yudi Rahardjo

TERVERIFIKASI

Engineer, Marketer and Story Teller

"Si Juki" Animasi Indonesia yang Jadi Bagian dari Disney

Diperbarui: 29 Januari 2021   11:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Disney+ 

Seri animasi dari karakter komik "Si Juki" tayang  di layanan streaming Disney+ mulai hari ini (29/1).

Siapa Juki ?

Juki adalah tokoh fiksi buatan komikus bernama  Faza Meonk atau Faza Ibnu Ubaidillah. Karakter berambut jabrik dengan gigi yang tak rapi ini pertama kali muncul di tahun 2011, dalam komik berjudul "Ngampus, Buka-Bukaan Aib Mahasiswa" yang diterbitkan Bukune.

Juki lahir karena keresahan Faza mengenai tidak adanya tokoh komik Indonesia yang ikonik dan membawa keresahan yang ada di masyarakat Indonesia. Popularitas Juki kian hari kian meningkat, tokoh yang berasal dari betawi ini menjadi selebtwit dan tercatat pernah mencalonkan diri sebagai presiden dalam seri komik #BeraniBeda yang rilis di tahun 2014.

Juki #BeraniBeda | Source: penaaksi.com

Punya Semesta Komik Sendiri.

Selain memiliki seri komik sendiri yang berjumlah lebih dari 10 komik, Juki juga pernah hadir dalam komik strip religi "Real Masjid 2" yang rilis di tahun 2012. 

Juki juga memiliki seri komik spin off sendiri yang menceritakan karakter pendukung dalam komik Si  Juki, seperti : Juleha, adik sepupu Juki yang memiliki komik sendiri yaitu : "Si Juleha dan Gerombolan Geng Motor", lalu si Congki, hantu pocong yang sering bersama Juki, juga ada dalam "The Diary Of Pocong Pinky".

Selain memiliki "Semesta Komik" sendiri, Faza juga membuat wadah untuk berbagai karakter komik supaya bisa lebih berkembang, wadah atau rumah tersebut bernama Pionicon. Selain dihuni oleh karakter-karakter dari "Semesta Komik Juki", dalam Pionicon adapula karakter dari seri komik "Tuti and Friends", "Si Bedil", "Little Manka","Vusya" dan "Pavlichenko". Faza berharap Pionicon bisa menjadi seperti Disney, tempat dimana ada banyak karakter ikonik yang tercipta dan dikenal banyak orang.  

Faza Meonk | Source: Kompas.com (Dok. Andi Muttya Keteng)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline