Pendampingan individu dilakukan untuk membantu individu mengimplementasikan pengetahuan dan pemahaman konsep yang diperoleh secara daring dan lokakarya sehingga CGP mampu merefleksi, berbagi dan berkolaborasi. Membantu CGP mencapai kematangan moral, emosional dan spiritual sehingga dapat berprilaku sesuai kode etik. selain itu, membantu CGP juga untuk merencanakan, melaksanakan dan melakukan refleksi pembelajaran yang berpihak murid serta melibatkan orang tua.
Pendampingan dilakukan secara konsisten setiap bulan selama CGP mengikuti PGP dengan tema pendampingan yang berbeda-beda. Kunjungan ini dilakukan sebagai bentuk pemantauan terhadap perubahan yang dilakukan CGP dan rencana apalagi yang akan dilakukan CGP untuk menciptakan sekolah yang berpihak pada murid.
Pengajar praktik harus mempersiapkan segala bahan yang akan digunakan untuk melakukan pendampingan. Bahan tersebut berupa jadwal, jurnal pendampinagn yang telah diisi di LMS, Profil CGP, dan instrumen yang akan digunakan untuk melaksankan pendampingan.
Dalam Pelaksanaan pendampingan individu pengajar praktik meyiapkan bahan yang berbeda-beda disesuaikan tema dari pendampingan tersebut. Ada kesamaan yang dilakukan di setiap individu yaitu langkah-langkah pelaksanaan setiap pendampingan sama meliputi : 1) bagian awal pendampingan (10'); 2) Bagian inti pendampingan (160'); 3) Bagian akhir pendampingan (10') dan 4) Penilaian dan Pelaporan.
Dalam lokakarya Calon Guru Penggerak, pengajar praktik melakukan pendampingan terkait apa yang akan dilakukan dari lokakarya 0 sampai 6 meliputi guru penggerak masa depan, mengembangkan komunitas belajar, Visi dan aksi sekolah berpihak pada murid, guru yang berpihak pada murid, guru pemimpin pembelajaran, pengelolaan program dalam pengembangan sekolah, festival hasil kerja, rencana kerja, dan rencana keberlanjutan.
Mengetahui peran pengajar praktik pada saat lokakarya seperti :
1.Meningkatkan keterampilan CGP untuk menjalankan perannya
2. Menjejaringkan CGP di tingkat kabupaten
3. membuka ruang diskusi dan pemecahan masalah yang dihadapi oleh CGP
4. Meningkatkan keterlibatan pemangku kepentingan di tingkat sekolah dan kabupaten
5. membuat laporan penyelenggaran dapat dikirimkan melalui tautan berikut, laporan dan refleksi lokakarya dilakukan setiap akhir penyelenggaraan lokakarya,