Lihat ke Halaman Asli

Jurnal Refleksi Minggu ke-12 Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

Diperbarui: 1 Agustus 2021   14:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

2.2.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 12

Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional 

Model 3: Six Thinking Hats (Teknik 6 Topi)

 

Alhamdulillah rasa syukur yang tak terhingga kepada sang penentu takdir karena saya sampai juga di minggu keduabelas pendidikan guru penggerak. Di minggu keduabelas ini ada beberapa materi yang harus dipelajari dan beberapa aktivitas pembelajaran yang harus dilalui yaitu

  • Eksplorasi Konsep Mandiri
  • Eksplorasi Konsep -- Forum Diskusi
  • Ruang Kolaborasi -- Pengerjaan 
  • Ruang Kolaborasi -- Presentasi
  • Lokakarya 3

Pada minggu keduabelas ini saya akan coba membuat jurnal refleksi mingguan dengan menggunakan model Six Thinking Hats (Teknik 6 Topi) sebagai berikut:

1. Fact (Fakta)

Informasi, pengetahuan dan pengalaman setiap aktivitas berbeda-beda

a. Eksplorasi Konsep Mandiri

Ekplorasi konsep yang dilakukan secara mandiri tentang berapa konsep yaitu 1) kesadaran penuh (mindfulness) merupakan bagaimana seseorang mengaitkan antara perhatian atau unsur pikiran, keinginan yang memiliki maksud dan kebaikan serta keingintahuannya terhadap kegiatan fisik yang sedang dikerjakan saat itu; 2) Ada 5 kompetensi sosial-emosional yaitu kesadaran diri, pengelolaan diri, kesadaran sosial, keterampilan sosial dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab; 3) berkesadaran penuh dalam pembelajaran lima kompetensi sosial-emosional dapat kita kombinasikan dalam tiga ruang lingkup melalui kegiatan rutin yaitu kegiatan di luar jam pembelajaran atau kegiatan yang bersifat non akademik seperti kegiatan membaca Quran sebelum jam pelajaran dimulai, kegiatan membaca buku favorite selama maksimal 10 menit sebelum pulang atau setelah jam pembelajaran dilaksanakan, kegiatan yang diintegrasikan ke dalam pelajaran seperti melakukan refleksi setiap akhir pelajaran untuk menggali akan kebermaknaan materi yang telah dipelajari, melakukan pembelajaran kooferatif untuk menumbuhkan kesadaran social dan rasa empati sesame teman. Teman yang sudah memiliki tingkat pemahaman yang lebih akan suatu konsep membantu dan berbagi pengetahuan dengan teman yang belum memahaminya, Kegiatan Protokol yaitu kegiatan yang sudah terbiasa dilakukan dan dijadikan kesepakatan-kesepakatan warga sekolah serta secara mandiri diterapkan peserta didik sebagai respon karena adanya situasi tertentu seperti membiasakan mengucapkan sapaan-sapaan humanis untuk membiasakan  warga sekolah untuk mengucapkan kata-kata positif dan meminimalisir ujaran negatif, membudayakan rasa hormat menghormati dan menghargai teman ketika sedang berbicara.

Untuk mendalami materi di atas dalam eksplorasi mandiri setiap CGP diberikan beberapa pertanyaan untuk menggali lebih dalam terkait materi pembelajaran social emosional dari hakitat PSE, pentingnya PSE, 5 kompetensi social emosional, latihan berkesadaran penuh, hubungan otak dengan latihan berkesadaran penuh, dan manfaat berkesadaran penuh. Berikut dokumentasi kegiatan eksplorasi mandiri yang dilakukan di LMS:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline