Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik
Menggunakan kepemimpinan yang kuat pada strategi inovasi dan keputusan portofolio. Arahan yang jelas dari puncak organisasi akan meresap ke seluruh jajaran organisasi untuk memotivasi ,mendukung, dan menghargai semua kegiatan yang mendorong orang berinovasi maupun inovasi itu sendiri.
Mengintegrasikan inovasi ke dalam metalitas bisnis perusahaan. Inovasi bukan kelinci yang Anda ambil dari topi pesulap pada suatu acara tertentu ;tetapi inovasi harus mejadi bagian intergal dari cara perusahaan beroperasi setiap hari .
Melaraskan jumlah dan tipe inovasi dengan bisnis perusahaan. Inovasi mungkin atau mungkin juga tidak menjadi kunci menuju sukses bagi strategis bisnis Anda secara keseluruhan;Anda harus menetapkan tipe dan jumlah inovasi yang diperlukan untuk mendukung strategi bisnis- lebih banyak tidak selamanya mejadi yang lebih baik.
Mengelola tegangan alami antara kreativitas dan penyerapan nilai. Perusahaan memerlukan kekeatan bagi keduanya .Kreatifitas tanpa kemampuan mewujudkan menjadi laba usaha (sebagai contoh,pelaksanaan dan penyerapan nilai)mungkin menyenagkan, tetapi tidak berkesinambangan;laba tanpa kreativitas akan dihargsi,namun hanya akan berhasil dalam jangka pendek saja.
Menetralkan antibodi organisasional. Inovasi mengharus adanya perubahan,dan perubahan merangsang hal – hal rutinyang bersifat eksplisit dan norma – norma budaya menjadi penghalang atau justru meniadakan perubahan
Menyadari bahwa unit dasar (atau tembok bangunan fundamental)inovasi adalah jaringan yang melibatkan orang – orang dan pengetahuan yang berada di dalam dan di luar organisasi. Sebuah organisasi yang sukses,akan unggul dalam hal menggabugkan sumberdaya internal degan beberapa bagian tertentu dari sumberdaya ekonomi kapitalis dunia yang sangat besar.
Menciptakan ukuran dan penghargaan yang tepat untuk inovasi. Orang – orang akan beraksi secara positif dan negatif terhadap stimuli, tak terkecuali inovasi perusahaan Anda.Anda tidak akan pernah sampai pada tingkat inovasi yang Anda perlukan bila orang – orang Anda tidak memperoleh penghargaan yang tepat.