Lihat ke Halaman Asli

Yudhistira Widad Mahasena

Designer, future filmmaker, K-poper, Eurofan.

Editorial: Jika Kontestan Indonesian Idol XII Bersahabat dengan Idol K-Pop

Diperbarui: 22 Agustus 2023   19:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Musik. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Bismillahirrahmanirrahim.

Postingan kali ini akan agak sedikit random.

Sudah 3 bulan sejak Indonesian Idol XII berakhir, namun euforianya masih terasa hingga sekarang. Seperti Idol X yang selesai tiga tahun lalu, semua kontestannya memperoleh popularitas yang setara. Hebatnya lagi, semua kontestan bergabung dengan Star Media Nusantara setelah kontes untuk karir mereka di dalam negeri, dengan Salma, Nabilah, Paul, dan Rony yang juga dikontrak Universal Music Indonesia.

And you know me, sebagai pecinta crossover, saya sangat suka menggabungkan topik apa pun dengan K-pop, yang nampaknya sudah menjadi topik spesialisasi saya. Beberapa waktu lalu saya pernah membahas apa jadinya jika ke-14 teman kita yang masuk babak Spekta di Idol XII masuk agensi K-pop untuk karir mereka di luar negeri, karena Korea Selatan kerap dianggap sebagai episentrum budaya Asia. Banyak juga musisi Indonesia yang sekarang sedang meniti karir di Korea Selatan.

Ini dia agensi yang akan mereka masuki in case Anda lupa:
1. Alfredo: Fantagio Music (rumah bagi Astro, Weki Meki, Ong, dan Lun8)
2. Anggis: Starship Entertainment (rumah bagi K.Will, Monsta X, WJSN, Jeong Sewoon, Cravity, dan Ive)
3. Danil: High-Up Entertainment (rumah bagi STAYC)
4. Dimansyah: JYP Entertainment (rumah bagi 2PM, Day6, Twice, Stray Kids, Itzy, Xdinary Heroes, dan Nmixx)
5. Nabilah: Rainbow Bridge World (rumah bagi Mamamoo, Vromance, Oneus, Onewe, dan Purple Kiss)
6. Nayl: Wake One Entertainment (rumah bagi TO1, Jo Yuri, Kep1er, ZeroBaseOne, dan EL7Z UP)
7. Novia: FNC Entertainment (rumah bagi FT Island, CNBLUE, AOA, N.Flying, SF9, Cherry Bullet, dan P1Harmony)
8. Paul: Hybe Labels (rumah bagi BTS, TXT, G-Friend, Seventeen, Lesserafim, NewJeans, BoyNextDoor, dll.)
9. Rachel: Jellyfish Entertainment (rumah bagi VIXX, Gugudan, Verivery, dan Evnne)
10. Rahman: YG Entertainment (rumah bagi Sechs Kies, Big Bang, Akdong Musician, Winner, Blackpink, Treasure, dan Baby Monster)
11. Rony: Cube Entertainment (rumah bagi BtoB, CLC, Pentagon, G-IDLE, Yoo Seonho, dan Lightsum)
12. Rosalina: AOMG (rumah bagi Cha Cha Malone, Yugyeom dari GOT7, dll.)
13. Salma: IST Entertainment (rumah bagi Apink, Victon, The Boyz, Weeekly, dan ATBO)
14. Syarla: SM Entertainment (rumah bagi Kangta, BoA, TVXQ, Super Junior, SNSD, Shinee, EXO, Red Velvet, NCT, Aespa, dan Riize)

Hari ini kita akan membahas apa jadinya jika mereka memiliki sahabat di industri K-pop.

Aturan mainnya tidak ada. Tidak ada batasan teman-teman kita harus bersahabat dengan siapa di industri K-pop, tidak melihat umur, selama ada chemistry, mereka bisa bersahabat.

Seperti biasa, kita akan mulai dengan kontestan pertama di 14 besar secara urutan abjad, yaitu Alfredo Fernando dari Bekasi. Di postingan terdahulu saya, saya menyebut bahwa Alfredo akan memasuki agensi Fantagio Music. Artinya jawaban tergampang yaitu dia bersahabat dengan semua anggota Lun8, adik bungsu Astro dan Weki Meki. Lun8 terdiri atas Jinsu, Chael, Takuma, Junwoo, Dohyun, Ian, Ji Eunho, dan Eunseop.

Per hari saat saya menulis postingan ini, Alfredo sudah genap berusia 19 tahun (lahir 22 Agustus 2004). Akan tetapi, tidak ada anggota Lun8 yang seumuran dengan Alfredo, atau Edo sebagaimana dia akrab disapa. Namun lagi-lagi, tidak ada batasan umur siapa idol yang dapat teman-teman kita jadikan sahabat di industri K-pop.

Selanjutnya adalah my one pick, Anggis Devaki dari Bali. Agensi yang akan dia masuki jika dia masuk industri K-pop adalah Starship Entertainment. Jadi pilihan tergampang adalah semua anggota Ive. Dari semua anggota, Anggis dapat memiliki chemistry terbaik dengan Gaeul dan Rei. Anggis dan Gaeul seumuran (lahir tahun 2002). Rei asli orang Jepang, sedangkan Anggis fasih berbahasa Jepang, jadi mereka dapat nyambung. Dan mengingat Ive sebentar lagi tur dunia, jika mereka ke Indonesia, Insya Allah, Anggis akan menonton konser "Show What I Have in Jakarta" untuk mendukung chingu-chingunya. (chingu = bahasa Korea, artinya teman)

Tetapi, perlu diingat bahwa label social butterfly melekat erat dalam diri Anggis. Dari sekian idol, Anggis dapat membentuk geng-gengan dengan sejumlah idol K-pop kelahiran 2002, seperti Sangah dari Lightsum, Monday dari Weeekly, Chaein dari Purple Kiss, dan Hwiseo dari H1-Key. Selain itu dia juga bersahabat dengan Isa, Seeun, dan Yoon dari STAYC. Anggis juga dekat dengan semua anggota Purple Kiss; selain Chaein, dia juga dekat dengan Dosie, Ireh, dan Yuki.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline